HMSTimes - What Happened Today? Yusfa Hendri Bangun Kapal Cepat Untuk Melayani Masyarakat Pulau | HMSTIMES
You are here
Home > HMSNews > Berita > Yusfa Hendri Bangun Kapal Cepat Untuk Melayani Masyarakat Pulau

Yusfa Hendri Bangun Kapal Cepat Untuk Melayani Masyarakat Pulau

 

 

HMSTimes.com, Batam – Dikatakan Kepala Dinas Perhubungan (KadisHub) Kota Batam Yusfa Hendri, saat ini jumlah penduduk Batam sudah  mencapai 1.030.529 jiwa  sumber dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil 2015) dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk Kota Batam ini, maka akan berimbas dengan kebutuhan transportasi khususnya transportasi laut.

Karena Kota Batam merupakan kota Pulau yang berdekatan dengan pulau – pulau lainya untuk itu perlu penambahan pelayanan terhadap masyarakat Batam terutama warga yang ada di Pulau di luar pulau Batam yang masih dalam wilayah administrasi Kota Batam.

Untuk menghubungkan dan melancarkan Transportasi masyarakat di luar Pulau Batam maka Pemko Batam menambambah tiga kapal perintis, untuk pengadaan ke tiga kapal Perintis tersebut, Pemko Batam menyediakan Dana sebesar Rp. 1,5 miliar, Dana itu diperoleh dari Dana Alokasi Khusus Tahun 2017. Kapal yang dibangun berjenis speed boat dengan kapasitas sekitar 30 orang.

Selesai kapal ini dibangun, kata Yusfa (4/4-2017), kapal ini akan melayani rute atau membuka jalur pelayaran baru atau sebagai jalur perintis. “Itu untuk buka jalur dari Belakangpadang ke Pulau Terong, Pulau Kasu, dan lain sekitarnya”.

Ia mengatakan kapal baru tersebut untuk menambah rute jaringan Trans Laut Batam, ada empat rute Trans Laut Batam yang sudah berjalan selama ini. Rute pertama yaitu Jaloh – Cengkui – Selat Nenek – Temoyong – Pulau Seraya – Pulau Buluh – Sagulung, Rute ini dilalui pergi pulang dengan Kapal Motor Sri Lengkang.

Sedangkan rute dua hingga empat dilayani menggunakan jenis kapal cepat atau speed boat. Yakni Pulau Karas – Pulau Mubut –  Sembulang, kemudian Pulau Sembur – Pulau Nanga – Teluk Nipah – Pulau Korek – Tanjungpengapit – Kampung Baru – Air Lingka. Serta Pulau Air Saga-Pulau Abang, Pulau Cakang. Rute Trans Laut Batam yang sudah ada ini berada di bagian selatan Pulau Batam. Sedangkan rute baru yang akan dilayani nantinya berada di bagian utara.  Gilbert Panggabean/Anton Zagoto

 

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top