HMSTimes - What Happened Today? Wabup Lingga Hadiri Sarasehan Harmonisasi Antar Etnis | HMSTIMES
You are here
Home > HMSNews > Berita > Wabup Lingga Hadiri Sarasehan Harmonisasi Antar Etnis

Wabup Lingga Hadiri Sarasehan Harmonisasi Antar Etnis

HMSTimes.com, Lingga – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Lingga mengelar Sarasehan, di Lela Sungai Pinang, Kecamatan Lingga Timur, Rabu (16/1/2019), sekitar pukul 09.30 WIB.

Wakil Bupati Lingga M Nizar dalam sambutannya mengaku senang dapat menghadiri dan melihat langsung kegiatan tersebut.

“Alhamdulillah saya mewakili Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Kesbangpol dapat menghadiri kegiatan sarasehan ini. Saya melihat ini sangat bagus, selain karena kita langsung bisa berdialog dan dengar pendapat dalam segala hal, baik pun itu mengenai permasalahan Ekonomi, Sosbud Kantibmas, Suku, Agama dan yang lainnya,” kata M Nizar.

Dengan adanya kegiatan sarasehan, Nizar berharap Kecamatan Lingga Timur dapat menciptakan suasana yang kondusif jelang pemilu April 2019 mendatang.

“Mari kita jaga kabupaten Lingga, khususnya Kecamatan Lingga Timur agar daat menciptakan suasana pemilu April 2019 berjalan aman dan kondusif,” kata Nizar.

Pada kesempatan sesi, Sekretaris Kesbangpol Provinsi Kepri Herman Prasetyo menambahkan bahwa, Ancaman, Tantangan, Hambatan dan Gangguan (ATHG) yang bentuknya merusak tatanan dilingkungan masyarakat harus segera dicegah.

“Kita jaga bersama agar segala sesuatu yang bentuknya merusak tatanan kehidupan bermasyarakat harus dicegah bersama. Apalagi dalam hitungan bulan pesta Demokrasi akan segera berlangsung pada bulan April 2019. Dan perlu dilakukannya deteksi dini,” ujar Herman.

Adapun tujuan sarasehan, yakni meningkatkan harmonisasi antar etnis sesuai tema “Antisipasi Pencegahan ATHG Menjelang Pileg dan Pilpres di Kabupaten Lingga”.

“Pada intinya membahas masalah Kamtibmas jangan sampai terjadi gesekan antar suku. Mengingatkan kita semua agar dapat saling meredam konflik di masyarakat dan jangan sampai dipengaruhi hal yang negatif,” kata Herman menambahkan.

Senada, Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupaten Lingga Datok M Ishak, usai menyimak apa yang disampaikan dalam forum diskusi tadi, prinsipnya Lembaga Adat Melayu akan siap mendampingi.

“Siap mendampingi dan siap menjadikan Lingga aman dan kondusif melalui LAM Kabupaten Lingga. Selain dukungan penuh, tujuan Lembaga ini juga adalah menjaga NKRI seutuhnya,” terang Ishak.

Selain nama diatas, turut hadir Kepala Kesbangpol Lingga Armia, Kabid Kesbang Darmawan, Kabid Kewaspadaan Dini Kesbangpol Prov Kepri Indra Saputra. Kasatpol PP Lingga, Camat Lingga Timur M Arif, Kades se – Kecamatan Lingga Timur dan para tokoh masyarakat, agama maupun tokoh pemuda.

Serta pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Forum Pembaharuan Kebangsaan (FBK), Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) dan Desa sekaligus menjadi peserta kegiatan dengan jumlah 100 Orang.

(Simarmata)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top