HMSTimes - What Happened Today? Sidak Komisi IV DPRD Kota Batam Di Gudang Alfamart. | HMSTIMES
You are here
Home > HMSNews > Berita > Sidak Komisi IV DPRD Kota Batam Di Gudang Alfamart.

Sidak Komisi IV DPRD Kota Batam Di Gudang Alfamart.

HMSTimes.com, Batam – Komisi IV DPRD Kota Batam melakukan Inspeksi mendadak (Sidak), di gudang Alfamart atau PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk di kawasan industri Cammo, Batam Centre, Kepulauan Riau (Kepri), Senin (28/5/2018).

Sidak tersebut dilakukan oleh Bobi Alexander Siregar, Aman, Suardi Tahirek, Safari Ramadhan, dan Ruslan dari Komisi IV DPRD Kota Batam.

Dalam sidak tersebut, ada tiga hal yang akan dilakukan, masalah Kondisi pekerjaan yang berhubungan dengan kesehatan dan keselamatan kerja karyawan, Produk logo Halal dan MUI nya, dan adanya aduan masyarakat tentang pekerja yang mendistribusi kelapangan sampai malam hari tapi tidak dapat upah lembur.

Anggota Komisi IV DPRD Kota Batam, Aman, menjelaskan, keselamatan kerja karyawan di gudang menjadi hal yang paling disoroti, untuk k3 di gudang ada beberapa titik lemah dan secara keseluruhan sudah ok.

“Terkait bagaimana mengangkat barang ke atas, dan juga menurunkan barang, kalau seandainya ada barang jatuh dari atas belum ada pelindung dan safety nya, karyawan bisa menjadi korban, dan ada kemungkinkan untuk jatuh, tidak ada yang tidak mungkin, dan kita minta ke managemen kedepannya untuk diperbaiki lagi safety nya,” Ujar Aman.

Perusahaan harus lebih memperhatikan dan menjaga keselamatan seluruh karyawan, dengan kelengkapan dan alat keselamatan yang memadai, dimana susunan barang di gudang yang mencapai tinggi delapan meter.

Komisi IV yang membidangi Kesejahteraan Rakyat dan Sumber Daya Manusia, juga akan melakukan pemeriksaan terhadap hak-hak pegawai di 150 gerai Alfamart yang tersebar di berbagai kawasan di Batam.

Kita juga melakukan pengecekan terhadap produk, semua produk ada logo Halal nya, dan kita juga akan perbaiki untuk UKM nya.

“Semua barang ada logo Halalnya, karena mereka mengambil barang dari dalam negri, yang diperbaiki adalah untuk UKM nya, karna ada beberapa ukm kita mau agar dapat masukin barangnya, dan sebagai salah satu kewajiban dari Alfamart adalah menampung dari hasil UKM,” Ujarnya.

Kita akan minta data ke Management, siapa saja yang mensupply barang ke sini, dan kita akan cek ke UKM untuk melakukan pembinaan barang, karna barang tersebut akan dikonsumsi masyarakat banyak, selain itu kita juga akan cek untuk halal dan legalitasnya, tutup Aman.

Manager HRD Alfamart, Edo Fernando, menjelaskan, perusahaan akan melakukan evaluasi untuk memastikan lagi keamanan dan keselamatan karyawan yang bekerja di gudang.

“Kita akan melakukan evaluasi dan perbaikan, serta memastikan kembali keamanan dan keselamatan karyawan di gudang,” Ujar Edo.

Perusahaan juga akan memastikan kembali seluruh kegiatan karyawan Alfamart, mulai dari kegiatan di gudang, distribusi barang, hingga pemenuhan hak-hak karyawan, sesuai dengan aturan yang berlaku, tutupnya.

Yuyun

Editor : A.Z

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top