HMSTimes - What Happened Today? Saracen, Kemplotan Penyebar Berita Hoax Dan Fitnah | HMSTIMES
You are here
Home > HMSNews > Saracen, Kemplotan Penyebar Berita Hoax Dan Fitnah

Saracen, Kemplotan Penyebar Berita Hoax Dan Fitnah

HMSTimes.com, Batam- Kata saracen berasal dari bahasa Yunani, istilah ini digunakan oleh orang Kristiani Eropa terutama pada Abad Pertengahan untuk merujuk kepada orang yang memeluk Agama Islam. Tapi di Indonesia saracen merupakan kelompok orang-orang yang selalu memberikan berita Hoax, isu Sara, teror dll melalui media sosial.

Kelompok Saracen ini orang-orang di dalamnya bekerja profesional alias dibayar untuk menabur hoax di sana sini melalui 800.000 akun mereka di media sosial. Ke 800.000 akun yang tergabung dalam jaringan saracen ini terbagi dalam beberapa group, seperti  grup Saracen Facebook, Saracen, Saracen Cyber Team, dan SaracenNews, di jagat maya.

Jasriadi, pria yang disebut-sebut sebagai ketua sindikat Saracen menyampaikan kronologi perkenalannya dengan para anggota  yang menurutnya sepaham dengannya.

“Perkenalan kita di medsos, waktu itu kan ada Pilpres 2014, kebetulan kita simpatisan salah satu calon yang gagal, ya”, dikutip dari Liputan 6.com

Namun menurut Jasriadi, bahwasanya pertemanan mereka tidak kuat hanya sebatas berteman di media sosial. Tetapi biarpun hanya sebatas pertemanan di medsos, Jasriadi pernah melaukan pertemuan pada tahun 2016 silam.

“Waktu itu 2016 ada teman saya ngajak kopdar namanya AS, pas momen silaturahmi akbar di situ juga kebetulan kita kopdar bareng. Sebatas itu, setelah itu lupa lagi,” kata dia.

sementara pertemuan besar-besaran yang mereka lakukan pada saat Pilkada DKI Jakarta, tetapi dia mengaku lupa dengan orang-orang yang pernah melakukan pertemuan tersebut.

“Itu pertemuannya saya enggak tahu persis yang silaturahmi akbar, di situ ada ceramah cara memilih pemimpin. Tapi saya lebih detailnya lupa, karena lama ya, dan itu keluar di media ya, itu sekitar bulan enam atau tujuh gitu. Itu juga tak ada sangkut pautnya dengan Saracen,” tutup Jasriadi.***

A.Z

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top