HMSTimes - What Happened Today? Sadis!!! Kuburan Lama Di Gusur PT LSM BGA Group | HMSTIMES
You are here
Home > HMSNews > Berita > Sadis!!! Kuburan Lama Di Gusur PT LSM BGA Group

Sadis!!! Kuburan Lama Di Gusur PT LSM BGA Group

HMSTimes.com, Ketapang — PT.  Ladang Sawit Mas (LSM) salah satu anak perusahaan milik Bumitama Gunajaya Agro (BGA) Group yang berdomisili di desa sei kelik kecamatan nanga tayap kabupaten ketapang kalbar.

Baru baru ini PT LSM di tuding karena telah menggusur makam leluhur warga setempat. Yang berlokasi di desa kelik tua.

Ahli waris menyesalkan perbuatan PT.LSM tersebut, karena tidak memberitahukan terlebih dahulu sebelum melakukan penggusuran.

Mendapat laporan dari warga setempat, beberapa awak media melakukan investigasi guna mendapatkan informasi lebih lanjut.

Salah satu awak media yang ikut investigasi dilapangan sebut saja Yan” menceritakan kepada awak media lainnya.

Salah satu ahli waris leluhur sebut saja Ma Uning memaparkan” Saya menyesalkan Perusahaan PT.LSM-BGA Group telah melakukan perusakan Kuburan tanpa ada seijin dan sepengetahuan Cucu Cicit leluhur yang ada.

” Kami terkejut  tiba-tiba kuburan dimusnahkan begitu saja, kami merasa kehilangan, Ma’Uning Sebagai Nenek yang tertua yang masih ada di desa tersebut.

Lanjut dia” pembokaran kuburan tidak cukup hanya di Cabut Tiang nisannya dan di timbun begitu saja, kalau pun demikian itu sudah melanggar Adat Istiadat Budaya Melayu kami.

“seharusnya Pemindahan Pemakaman atau Kuburan harus melalui Proses Pengalian, membersihkan tulang-belulang dan memakai Ritual Adat Agama masing-masing, agar arwahnya bisa hidup tenang di alam sana, bukan sebaliknya merusak dan menghilangkan kuburan Leluhur Nenek Moyang kami yang di makamkan di situ, ini perbuatan tidak berprikemanusiaan jelas melanggar silsilah Adat Budaya dan HAM (Hak Asasi Manusia) secara terang terangan” Tuding nenek itu.

Perusahaan diminta bertanggung jawab atas semua itu, berharap ada sanksi tegas atas penggusuran Makam Kuburan Leluhur Bapak dan Abang-Abang saya yang di timbun serta dihilangkan oleh PT.LSM-BGA Group itu berdasarkan hukum yang berlaku di Indonesia.

Masalah ini harus di tindak tegas, karena saya tidak bisa lagi melihat Makam Kuburan keluarga kami yang sudah di timbun oleh PT.LSM-BGA Group,’’ Harap nenek itu dengan linangan Air mata.

Salah satu masyarakat setempat Sandy dan tokoh Adat Desa Sungai Kelik telah melaporkan kepada Ketua MABM (Majelis Adat Budaya Melayu) di Kab.Ketapang Kalbar pada tgl 9/12/2017 untuk dapat menindak tegas PT.LSM-BGA Group yang telah melakukan Perusakan Kuburan secara massal.

Bukan cuma kuburan masyarakat saja yang di timbun dan di Rusak bahkan Makam Kuburan Ratu Elok yang memiliki sejarah dari zaman Bahulak yang dikenal membawa Aliran Agama Islam di Kalimantan Barat yang berada di Makam Leluhur tersebut juga di rusak, untuk tiang nisannya yang sebesar dua pemeluk tangan saja sudah tidak ada nampak, semua rata dengan tanah” ungkap nya.

Diharapkan PT.LSM-BGA Group untuk segera di tindak atas segala perbuatan yang mana tidak memiliki Pri kemanusiaan dengan bertindak di luar ambang batas pikiran manusia, orang gila saja tidak merusak kuburan leluhur, semua masyarakat setempat terkucilkan sehingga mengundang Polemik di tengah lingkungan masyarakat, maka bersama ini perbuatan PT.LSM-BGA Group di tegur keras oleh Bapak Bupati Martin Rantan.SH dengan Surat, namun semua tidak diindahkan oleh manajemen PT.LSM-BGA Group.

Erwin.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top