HMSTimes - What Happened Today? Pengguna Medsos Tidak Tepat, Dapat Berakibat Buruk | HMSTIMES
You are here
Home > HMSNews > Berita > Pengguna Medsos Tidak Tepat, Dapat Berakibat Buruk

Pengguna Medsos Tidak Tepat, Dapat Berakibat Buruk

HMSTimes.com, Batam – Siapa yang tidak mengenal media sosial saat ini. Di zaman yang digital hampir semua kalangan masyarakat menggunakan media sosial. Baik untuk komunikasi, melihat informasi mau pun jadi sarana untuk bisnis atau usaha. Bahkan tidak sedikit orang memiliki lebih dari satu akun media sosial.

Namun  penggunaan media sosial yang tidak tepat dan berlebihan dapat berakibat buruk bagi kesehatan mental maupun fisik.

Survey membuktikan bahwa penggunaan media sosial secara umum dapat mengakibatkan gangguan tidur, gangguan cemas, hingga depresi. Semakin banyak dan semakin lama menghabiskan waktu ‘bermain’ media sosial, risiko depresi juga semakin tinggi.

Penelitian yang dilakukan oleh Royal Society for Public Health di Inggris menunjukkan bahwa di antara beberapa jenis media sosial, Instagram adalah yang paling buruk bagi kesehatan mental.

Media sosial berbasis foto itu paling banyak menyebabkan penggunanya merasa tidak percaya diri dengan bentuk tubuh mereka, hingga akhirnya menimbulkan kecemasan dan berujung pada depresi. Instagram juga dituding menjadi tempat yang rawan terjadi “cyber bullying”.

Melihat besarnya dampak buruk dari penggunaan media sosial, Royal Society for Public Health menganjurkan untuk tidak menggunakannya terlalu lama. Batas waktu yang aman untuk menggunakan media sosial dalam sehari adalah dua jam. Penggunaan lebih dari itu dapat meningkatkan tekanan psikologis.

Agar dampak buruk tersebut tidak terjadi pada diri Anda, gunakanlah media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter atau lainnya secara bijak. Dan yang paling penting, sempatkanlah waktu untuk beraktivitas atau berinteraksi langsung dengan orang lain, karena ini jauh lebih baik bagi kesehatan mental Anda.*

Sr

Sumber klikdokter

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top