HMSTimes - What Happened Today? Pemerintah Pusat Akan Membangun Jalan Tol Di Batam | HMSTIMES
You are here
Home > HMSNews > Berita > Pemerintah Pusat Akan Membangun Jalan Tol Di Batam

Pemerintah Pusat Akan Membangun Jalan Tol Di Batam

HMSTimes.com,Batam- Melihat perkembangan Kota Batam yang merupakan kota industri dimana-mana mengalami peningkatan, baik karena bertambahnya kendaraan sebagai konsekuensi pertumbuhan penduduk, maupun penyempitan lahan akibat perkembangan industri dan perumahan. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat  (PUPR) berencana  akan membangun jalan tol di Batam. Pembangunan akan disejalankan dengan proyek jalan layang (flyover) Simpang Kabil.

Rencana pembangunan jalan tol ini Paling lambat 2019, kata Menteri PUPR, Basoeki Hadimoeljono.

Pemerintah Kota Batam menyambut baik rencana tersebut, Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Batam, Yumasnur mengatakan rencana pembangunan tersebut sudah disampaikan pemerintah pusat saat musyawarah perencanaan pembangunan nasional (musrenbangnas).

“Saat musrenbangnas kita minta Simpang Kabil dibangun flyover. Kemudian setelah dialog dengan Kementerian PUPR, kementerian bilang nanti flyover akan disejalankan dengan jalan tol,” ujarnya.

Jalan tol ini akan menghubungkan Batuampar, Mukakuning, dan Bandara Hang Nadim. Rencananya jalan yang sudah ada (existing), akan dijadikan jalan tol. Sementara untuk jalan umum atau non tol akan dibangun jalan baru, dengan menambah lebar jalan kiri kanan, dan di desain langsung dari pusat, jelas Yumasnur

Menurut Yumasnur jalan tol Batam ini masuk prioritas karena menjadi bagian dari program tol Sumatera yang dicanangkan Presiden Jokowi. Pembangunan jalan tol diharapkan dapat menunjang pertumbuhan ekonomi dan mendukung kebutuhan industri di Batam. Dengan adanya jalan tol nanti, kendaraan pengangkut barang industri tidak mengganggu lalulintas masyarakat.

pembangunan Jalan tol ini masih dalam pembahasan. Tapi untuk Batam informasinya jalan tolnya akan terealisasi sesegera mungkin,” kata Yumasnur.

Dari pantauan HMSTimes.com, Bahwasanya jalan-jalan yang ada diBatam  sudah tidak seimbang dengan volume kendaraan yang ada.

A.Zagoto

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top