HMSTimes - What Happened Today? Pemerintah Akan Menerapkan Harga Eceran Tertinggi Di Pasar Tradisional. | HMSTIMES
You are here
Home > HMSFinance > Ekonomi Bisnis > Pemerintah Akan Menerapkan Harga Eceran Tertinggi Di Pasar Tradisional.

Pemerintah Akan Menerapkan Harga Eceran Tertinggi Di Pasar Tradisional.

HMSTimes.com,Batam- Lonjakan harga kebutuhan pokok terutama pada saat-saat tertentu seperti lebaran, natalan, dll sering dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu hingga harga kebutuhan pokok selalu berubah, untuk itu Pemerintah kota Batam  secara perlahan akan menerapkan kebijakan Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk tiga kebutuhan pokok di pasar tradisional. Saat ini kebijakan tersebut baru berlaku di pasar retail modern.

Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan, Syahrul Mamma mengatakan kebijakan ini baru diterapkan di pasar retail modern, agar bisa menjadi acuan bagi pembeli.

“Ini bisa jadi acuan pembeli. Dan pedagang di pasar tradisional diharapkan bisa mengikuti harga ini,” katanya

Adapun HET yang ditetapkan yaitu untuk gula pasir Rp 12.500 per kg, daging beku jenis tertentu Rp 80.000 per kg dan minyak goreng kemasan sederhana Rp 11.000 per liter. Menurut Syahrul, kementerian akan mendorong distributor nasional untuk memasok kebutuhan tiga komoditas ini.

“Distributor pusat akan drop barang sesuai HET ke pasar-pasar,” ujarnya.

Syahrul mengatakan saat ini distribusi barang dengan HET ke daerah belum maksimal. Sehingga sebagian pasar modern membatasi pembelian gula, minyak goreng, dan daging beku. Ia memaklumi kebijakan tersebut guna mengantisipasi pembeli yang memborong untuk dijual kembali. Di harapkan  HET ini bisa meluas ke kebutuhan pokok lainnya supaya spekulasi harga yang sering terjadi selama ini bisa teratasi.

A.Zagoto

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top