HMSTimes - What Happened Today? Ngesti : Para Petani Tetap Konsisten Tingkatkan Hasil Panen | HMSTIMES
You are here
Home > HMSFinance > Ekonomi Bisnis > Ngesti : Para Petani Tetap Konsisten Tingkatkan Hasil Panen

Ngesti : Para Petani Tetap Konsisten Tingkatkan Hasil Panen

HMSTimes.com, Natuna –  Orang nomor dua di Kabupaten perbatasan, Hj.Ngesti Yuni Suprapti turun tangan memanen cabe dan gambas bersama pertani. Bahkan, ia mengagumi hasil panen dikelola warga secara alami menggunakan pupuk kompos. Kunjungan singkat ke Desa Sedarat Baru, Kecamatan Bunguran Batubi, meninjau proses panen komoditi cabe dan sayur gambas.

Melihat hasil panen menjanjikan, Ngesti menghimbau kepada para petani, agar lebih fokus mengelola pertanian. Dengan keseriusan, kedepan hasil diperoleh pasti lebih maksimal. Jika petani tempatan lebih fokus, bukan tidak mungkin kedepannya, cabe dan sayuran lainnya akan menjadi salah satu komoditi unggulan Sedarat Baru, maupun Kecamatan Bunguran Batubi.

Ngesti berpendapat, saat ini permintaan pasar atas komiditi cabe cukup tinggi. Hampir 50 persen pemenuhan kebutuhan Natuna, diperoleh dari luar daerah. “Saat ini permintaan pasar cukup tinggi, hari ini kita lihat hampir 50 persen kebutuhan cabe didatangkan dari luar daerah”, sebut Ngesti, Selasa (03/09/2019).

Pada kesempatan itu juga, petani tempatan menyampaikan aspirasi kepada Wabup, terkait kendala yang dihadapi dalam bercocok tanam selama ini. Hambatan utama yaitu mengenai kurangnya pasokan air dan pupuk, sehingga menyebabkan hasil panen tak sesuai harapan.

Ngesti meminta para petani agar tetap konsisten meningkatkan hasil panen. Kedepan, bukan hal mustahil kalau Natuna bisa memenuhi kebutuhan komoditi tersebut secara mandiri. Mantan anggota dewan periode 2009-2014 ini, akan segera mencari formasi, sebuah solusi yang tepat untuk menanggulangi kendala yang di hadapi para petani. (*)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top