HMSTimes - What Happened Today? Melebihi Quota, Panitia Pilkades Desa Bawomataluo Melakukan Seleksi Tambahan Berkas Cakades | HMSTIMES
You are here
Home > HMSNews > Berita > Melebihi Quota, Panitia Pilkades Desa Bawomataluo Melakukan Seleksi Tambahan Berkas Cakades

Melebihi Quota, Panitia Pilkades Desa Bawomataluo Melakukan Seleksi Tambahan Berkas Cakades

Teruna Wau , Salah satu Cakades bersalaman dengan panitia Pilkades Bawomataluo.

HMSTimes.com, Nias Selatan – Setelah menerima dan memverifikasi berkas bakal calon Kepala desa (Balonkades) Desa adat Bawomataluo pada hari senin 26 Agustus 2019 yang lalu  berjumlah delapan (8) orang, Panitia pemilihan kepala desa ( Pilkades) desa Bawomataluo  Kecamatan Fanayama, Kabupaten Nias Selatan, kembali melakukan seleksi tambahan kepada Balonkades untuk menyesuaikan jumlah calon Kades sesuai amanat perbub Nias Selatan, Kamis (05/09/2019).

Seleksi tambahan tersebut dimaksud untuk menyesuaikan jumlah calon kepala desa, paling banyak 5 orang calon, sesuai pasal 27, perbup nomor 04-12-23 tahun 2019, jelas Sanamuri Manao selaku ketua panitia.

” Dalam hal bakal calon kepala desa yang memenuhi persyaratan sebagaimana dimaksud pada pasal 18 ayat 6 dan ayat 7 lebih 5 orang panitia pemilihan melakukan seleksi tambahan dengan menggunakan kriteria pendidikan pengalaman kerja lembaga pemerintahan lama jabatan dan organisasi ” kutipan isi pasal 27 perbup nomor 04-12-23 tahun 2019.

Kegiatan seleksi tambahan yang digelar oleh panitia, dilakukan transparan dengan mengundang seluruh calon Kades, Pemerintahan desa, Unsur BPD dan masyarakat umum untuk menyaksikan seleksi tambahan yang dilakukan oleh panitia.

Adapun beberapa item  yang dilakukan panitia dalam  Pelaksanaan kegiatan seleksi tambahan tersebut   sesuai perbup nomor 04-12-23  pasal 27 meliputi, pengalaman kerja di pemerintahan dan lembaga pemerintahan, lama jabatan, dan Organisasi.

Mewakili Unsur BPD desa Bawomataluo Devianusa Wau menyampaikan apresiasinya terhadap para Panitia yang energik dalam melakukan pekerjaannya mulai dari tahapan pendataan calon pemilih, tahapan penjaringan bakal calon kepala desa ( Balonkades) tahapan verifikasi data, hingga hari ini seleksi tambahan berkas para calon-calon dapat terlaksana dengan baik.

Pelaksanaan tahapan ini diharapkan dilakukan secara transparan, independen, sehingga tidak ada tanggapan yang beraneka ragam dari berbagai pihak  lain dan   semoga apapun hasilnya nanti dapat diterima oleh semua pihak terutama para Balonkades, harapnya Devianusa Wau

Ketua panitia Sanamuri Manao menyampaiakan ucapan terimakasih kepada Para balonkades yang pro aktif untuk menghadiri  acara seleksi tambahan berkas tersebut, sehingga apapun hasilnya adalah mutlak sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku.

Sanamuri Manao kembali menegaskan bahwa, perlu diketahui  sesuai perbup ,  tentang petunjuk teknis pencalonan, para Balonkades yang mendaftar minimal dua orang dan maksimal lima orang, akan tetapi bila yang mendaftar lebih dari lima orang, maka panitia melakukan tahapan tambahan yaitu tahapan seleksi tambahan sesuai berkas dukungan terlampir. Imbuhnya

Diakhir acara, Salmen Manao mengatakan pada hari ini telah terlaksana acara seleksi tambahan berkas Para Balonkades desa Bawomataluo ,  tentunya dalam pelaksanaan kegiatan tahapan ini masih belum memuaskan para calon,  kami panitia Pilkades bekerja sesuai dengan peraturan pemerintah.

Apabila dalam pelaksanaan kegiatan tahapan seleksi tambahan berkas ini, tidak memuaskan saudara calon ,  kami panitia memohon maaf yang sebesar-besarnya, tambahnya.

Adapun nama-nama yang telah memenuhi persyaratan sesuai tahapan seleksi tambahan Calon kepala  desa Bawomataluo untuk tahun 2019 ini antara lain , Elikasih Wau, Teruna Wau, Ariston Manao, Rekaziduhu Wau, dan Robin Wau.

(Redaksi)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top