HMSTimes - What Happened Today? Laskar Fisabilillah Akan Tampil Ramaikan HUT RI Ke 72 | HMSTIMES
You are here
Home > HMSNews > Berita > Laskar Fisabilillah Akan Tampil Ramaikan HUT RI Ke 72

Laskar Fisabilillah Akan Tampil Ramaikan HUT RI Ke 72

HMSTimes.com,Batam-Drama kolosal berjudul Laskar Fisabilillah akan meramaikan rangkaian Upacara Detik-detik Proklamasi di Dataran Engku Putri Kota Batam, Kamis (17/8). Drama ini dipersembahkan 60 pemain yang merupakan prajurit TNI dari Kodim 0316/Batam dan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Batam.

Laskar Fisabilillah menceritakan tentang perjuangan Raja Haji Fisabilillah dalam melawan penjajahan Belanda di tanah Melayu. Cerita perjuangan pahlawan dari Kepulauan Riau ini mengambil setting di Kerajaan Melayu pada Abad 18.

Dikisahkan, seorang raja yang memiliki sifat tegas, keras, berani, dan cakap mengatur pemerintahan juga ekonomi. Raja Haji Fisabilillah digambarkan sebagai sosok yang ahli dalam siasat perang laut. Sehingga kerajaan Melayu semakin bertambah luas dan berpengaruh.

“Bagaimana akhir dari kisah ini, bisa disaksikan saat penampilannya 17 Agustus mendatang. Karena itu, Pemerintah Kota Batam mengundang masyarakat untuk ikut menyaksikan rangkaian upacara detik-detik proklamasi,” kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Batam, Ardiwinata, Selasa (15/8).

Selain drama kolosal, juga akan ada hiburan lain. Seperti penampilan koloni senjata dari prajurit TNI, pencak silat, dan tari maumere. Pencak silat Suci Hati dibawakan oleh anak-anak sekolah Kecamatan Sekupang dan Pondok Pesantren Nurul Haq Batuaji. Mereka merupakan pesilat binaan Kodim 0316/Batam.

Sementara upacara detik-detik proklamasi akan dipimpin langsung oleh Walikota Batam, Muhammad Rudi. Sedangkan yang bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Kapten Inf Tri Hasan Fuadi, Pasilog Yonif Raider Khusus 136/Tuah Sakti.

“Persiapan hingga H-2 masih kita lakukan. Gladi sudah dilakukan dua kali, Senin dan Selasa. Kita berharap semua berjalan lancar sampai hari H,” kata dia.

Pada hari H juga akan dilaksanakan upacara penurunan bendera yang dipimpin Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad. Upacara dilangsungkan sore hari, di tempat yang sama.

Siang harinya Wakil Walikota Batam juga akan menghadiri penyerahan remisi kepada warga binaan Lapas Klas IIA Batam di Tembesi. Dan malam harinya dilanjutkan malam resepsi kemerdekaan di Nagoya Hill Hotel.

“Tanggal 18 (Agustus) kita akan menggelar upacara Hari Pramuka di Engku Putri. Dilanjutkan pawai pembangunan, siang harinya di Nagoya depan Graha Sulaiman. Dan pesta rakyat di lokasi yang sama pada malam harinya,” kata Ardi.***

A.Z

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top