HMSTimes - What Happened Today? KPUD Kayong Utara undang Pimpinan Parpol dan Tokoh Masyarakat Dalam Rapat Kordinasi | HMSTIMES
You are here
Home > HMSNews > Berita > KPUD Kayong Utara undang Pimpinan Parpol dan Tokoh Masyarakat Dalam Rapat Kordinasi

KPUD Kayong Utara undang Pimpinan Parpol dan Tokoh Masyarakat Dalam Rapat Kordinasi

HMSTime.com, Kayong Utara – Bertempat di Ruang pertemuan Mahkota Hotel Sukadana, Komisi Pemilihan Umum Daerah(KPUD) Kayong Utara  menggelar rapat koordinasi dan Uji Publik kepada Partai Politik yang akan jadi Peserta Pemilu tahun 2019 tentang penataan dan pembagian Daerah Pemilihan dan alokasi kursi DPRD Kabupaten Kayong Utara.

Tampak hadir dalam acara tersebut Pimpinan Partai Politik, Utusan Polres KKU, OPD KKU, Tokoh masyarakat dan juga awak media.

Burhanudin selaku komisioner KPUD KKU memaparkan jumlah penduduk yang dimiliki Kayong Utara sekarang dan juga kuota kursi DPRD.

“Penduduk Kabupaten Kayong Utara sebanyak Seratus Dua Puluh Dua Ribu Tiga Tarus Sebelas (122.311 ) jiwa sedangkan jumlah kursi DPRD KKU masih 25 kursi sama dengan PILEG 2014 lalu,”papar Burhanudin Pada acara Sosialisi dan jajak pendapat yang di laksanakan,kamis (8/2/2018) kemarin.

Dalam sosialisai tersebut, KPU KKU menawarkan dua opsi pemetaan Daerah Pemilihan ( DAPIL) dalam pileg 2019 yang kemudian akan di usulkan kepada KPU RI.

” kami telah merancang dua metode DAPIL,tetap menggunakan Empat Dapil dan juga Tiga Dapil yakni Sukadana dan juga Pulau Maya serta Kepulauan Karimata di gabungkan dengan jumlah penduduk 46.512 dengan jumlah Kursi sebanyak 9 tahap pertama dan memungkinkan hingga 10 kursi,”papar Burhanudin.

Dijelaskannya, untuk opsi pertama, KPU mengusulkan Dapil Kayong Utara dibagi menjadi empat daerah pemilihan (Dapil), dimana opsi pertama meliputi Sukadana dapil satu, dapil dua pulau maya dan Kepulauan Karimata,Dapil tiga Teluk Batang dan Seponti serta  Dapil Empat Simpang Hilir,ini sama seperti pada saat pemilihan legislatif tahun 2014 lalu,”jelasnya.

Sedangkan opsi kedua terdiri dari 3 dapil sehingga perolehan kursi di DPRD jika di rincikan,”penggabungan dari dapil satu Sukadana dan Pulau Maya serta Kepulauan Karimata di jadikan satu dengan jumlah kursi 10, kemudian dapil dua yaitu Kecamatan Teluk Batang dan Seponti itu menjadi 8 kursi Kayong Utara tiga Simpang Hilir ada 7 kursi,”jelasnya lagi.

Dari hasil diskusi dan masukan yang di lakukan dengan Pimpinan Partai Politik KPUD KKU kemudian akan di sampaikan ke KPU RI yang menjadi catatan serta pertimbangan,mulai dari aspek pemerataan pembangunan,aspek sosial dan juga peluang  guna memaksimalkan sisa suara dari ketentuan Bilangan Pembagi Penduduk(BPP).

Ali.M

Editor : A.Z

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top