HMSTimes - What Happened Today? Kemendikbud Berikan Sosialisasi Maraknya Tindak Pidana Perdagangan Orang. | HMSTIMES
You are here
Home > HMSNews > Kemendikbud Berikan Sosialisasi Maraknya Tindak Pidana Perdagangan Orang.

Kemendikbud Berikan Sosialisasi Maraknya Tindak Pidana Perdagangan Orang.

HMSTimes.com, Batam – Kemedikbud memberikan sosialisasi terkait tindak pidana perdagangan orang yang saat ini sedang marak terjadi.

Sosialisasi ini dihadiri sebanyak 50 orang peserta diantaranya perwakilan RT, RW, kelurahan tokoh agama, tokoh masyarakat, dan ibu-ibu PKK, perwakilan sekolah dan pihak lainnya, di Hotel Venessia Batam Center Lantai II dari pukul 09.00 WIB, Kamis (23/8/2018).

Yayasan Bina Mandiri Batam bersama Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga dengan Komisi Keadilan, Perdamaian dan Pastoral Migran Perantau (KKPPMP) Kepri menyelenggarakan sosialisasi, dengan kondisi Provinsi Kepulauan Riau khususnya kota Batam sebagai area perbatasan dengan negara asing.

Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap maraknya tindak pidana perdagangan orang (TPPO).

Perwakilan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sekaligus narasumber, Direktur of family education, Sukiman, mengatakan dengan adanya sosialisasi ini diharapkan agar peserta mampu menyampaikan kepada masyarakat luas.

“Diharapkan peserta mampu menyampaikan kepada masyarakat luas betapa bahayanya tindakan pidana perdagangan orang dan ini harus kita cegah bersama,” ungkap Perwakilan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sekaligus narasumber, Direktur of family education, Sukiman.

Ia juga menambahkan selain sosialisasi, ada juga cara alternatif lain seperti pendampingan, penindakan, dan pemulihan bagi para korban, dari Kemendikbud sendiri diminta sebagai koordinator didalam aspek pencegahan.

“Karena Batam merupakan area perbatasan dengan negara asing dan juga sebagai tempat untuk transit, ada juga warga yang sudah lama tinggal di Batam menjadi korban perdagangan orang, makanya setiap tahun kita melakukan sosialisasi dan ini sudah tahun ke empat,” ungkapnya.

Kita berharap yang menjadi korbanpun berkurang bukan semakin bertambah, dan mudah-mudahan kegiatan ini akan menjadi rutinitas kedepan.

Kami dari pusat akan selalu mendukung kegiatan seperti ini apalagi di Batam sering menjadi pusat perdagangan orang, tutupnya.

(Yuyun)

Editor : A.Z

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top