HMSTimes - What Happened Today? Jalan Jatibaru Raya Tanah Abang Jakarta Pusat Masih Tetap Ditutup | HMSTIMES
You are here
Home > HMSNews > Berita > Jalan Jatibaru Raya Tanah Abang Jakarta Pusat Masih Tetap Ditutup

Jalan Jatibaru Raya Tanah Abang Jakarta Pusat Masih Tetap Ditutup

HMSTimes.com, Jakarta- Hingga Hari ini Kamis 22 Februari 2018, Jalan Jatibaru raya Tanah Abang masih ditutup oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.Penutupan jalan tersebut karena diperuntukan pedagang kaki lima untuk jualan dari pukul 08 .00 sampai pukul 18.00 Wib.

Walaupun Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Meminta Pemprov DKI Jakarta untuk mengembalikan fungsi Jalan Jatibaru Raya sesuai fungsi semula untuk kepentingan umum (29/12/2017).

Selain permintaan Polda Metro Jaya juga Penolakan Penataan Tanah Abang banyak tersebar di media sosial.seperti ,Melalui Petisi @aniesbaswedan,Kembalikan Fungsi Jalan Dan Trotoar Tanah Abang.yang mana petisi tersebut sudah banyak yang ikut menandatangani memcapai puluhan ribu orang.

Kritikan kritikan dari pengamat transpotasi juga berdatangan.

Menurut Peneliti Laboratorium Transportasi Unika Soeegijapranata Semarang Djoko Setijowarno menilai kebijakan memfasilitasi PKL berjualan di Jalan Jatibaru Raya melanggar Undang undang nomor 38 tahun 2004 serta Peraturan Pemerintah nomor 34 tahun 2006 tentang Jalan.selain itu Terdapat ketentuan pidana yang sangat tegas, yaitu 18 bulan penjara atau  denda Rp 1,5 miliar bagi setiap orang yang sengaja melakukan kegiatan yang mengakibatkan terganggunya fungsi jalan dan trotoar, seperti di kutip dari tribunnews.

Djoko juga menjelaskan bahwa seseorang juga bisa dihukum jika melanggar fungsi trotoar seharusnya.karena di dalam Undang undang nomor 29 tahun 2002 dijelaskan bahwa tidak ada yang bisa menjadikan badan jalan dan trotoar sebagai tempat parkir dan usaha dalam bentuk apapun.

Menurut Dinas Perhubungan (Dishub) DKI, yang telah dimuat di detik.com, pemerintah DKI telah menyiapkan desain penataan Tanah Abang tersebut bersifat sementara.karena sedang ada grand design yang sedang dirancang.dan secara bertahap akan dikerjakan untuk menata kawasan tersebut.dan yang akan dilakukan sekarang itu sifatnya sementara sambil nanti menunggu desain besar yang akan ditetapkan, ungkapan dari Wakil Kepala Dishub DKI    Sigit Widjatmoko.

Karena masih menunggu desain penataan Tanah Abang Jalan jatibaru hingga kini belum dibuka kembali.dan menurut Satpol PP yang berinisial Rn Jalan Jatibaru Raya terus dijaga oleh petugas keamanan Satpol PP untuk menjaga ketertiban juga keamanannya guna kenyamanan para pedagang dan pengunjung kawasan pusat perbelanjaan Tanah Abang tersebut.

Endang

Editor : A.Z

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top