HMSTimes - What Happened Today? Indonesia Diserang Teroris cyber, Pemerintah Meminta Masyarakat Agar Tenang Dan Berhati-hati | HMSTIMES
You are here
Home > HMSNews > Indonesia Diserang Teroris cyber, Pemerintah Meminta Masyarakat Agar Tenang Dan Berhati-hati

Indonesia Diserang Teroris cyber, Pemerintah Meminta Masyarakat Agar Tenang Dan Berhati-hati

HMSTimes.com,Batam- Serangan cyber berskala raksasa yang menggunakan alat peretas yang diyakini dikembangkan oleh Badan Keamanan Nasional AS telah menyerang sejumlah institusi di 99 negara, termasuk Indonesia.

Dalam hal ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika telah memastikan bahwa Indonesia merupakan salah-satu negara yang terdampak akibat serangan yang disebut sebagai ‘teroris cyber’.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kemenkoinfo, Sammy Pangerapan mengatakan serangan siber ini bersifat tersebar dan masif serta menyerang critical resource (sumber daya sangat penting).

“Serangan ini bisa dikategorikan teroris cyber,” kata Sammy Pangerapan

Menurut Sammy Pangerapan, di Indonesia serangan peretas itu ditujukan ke Rumah Sakit Harapan Kita dan Rumah Sakit Dharmais di Jakarta. Sammy juga  meminta kepada masyarakat Indonesia agar tetap tenang meningkatkan kehati-hatian dalam berinteraksi di dunia cyber.

Dengan serangan cyber ini, “kami minta agar masyarakat tetap tenang dan meningkatkan kehati-hatian dalam berinteraksi di dunia cyber,” ungkap Sammy.

Serangan cyber yang menyerang Indonesia dan beberapa negara lainnya berjenis ransomware. Apa itu Ransomware?. Ransomware adalah jenis malicious software atau malware yang menyerang komputer dengan cara mengunci komputer korban atau meng-encrypt semua file sehingga tidak bisa diakses kembali.

Di tahun 2017 jenis ransomware baru atau disebut Wannacry telah muncul dan banyak makan korban. Ada pun korban yang diincar Wannacry PC berbasis windows yang memiliki kelemahan fungsi SMB yang dijalankan dikomputer tersebut.

“Tahun ini sebuah jenis ransomware baru telah muncul dan diperkirakan bisa memakan banyak korban,” jelas Sammy. “Ransomware baru ini disebut Wannacry”, tambahnya.

Wannacry, lanjutnya, mengincar PC berbasis windows yang memiliki kelemahan terkait fungsi SMB yang dijalankan di komputer tersebut. ***

JP

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top