HMSTimes - What Happened Today? Walikota Batam Pantau Dinamika Harga Selama Ramadhan | HMSTIMES
You are here
Home > HMSNews > Berita > Walikota Batam Pantau Dinamika Harga Selama Ramadhan

Walikota Batam Pantau Dinamika Harga Selama Ramadhan

 

HMSTimes.com, Batam- Mengantisipasi kerawanan manipulasi harga bahan pangan jelang Lebaran, Walikota Batam, Muhammad Rudi rutin memantau harga kebutuhan pangan di pasar selama Ramadhan. Hasil pemantauan tersebut kemudian disesuaikan dengan standar harga dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

” Walikota Batam setiap hari mengecek harga-harga dipasar dengan  acuan standar harga dari Disperindag, baik sembako, gula, beras, sayur-sayuran,” kata Rudi saat Safari Ramadhan di Batuaji beberapa waktu lalu.

Rudi mengingatkan para pelaku usaha untuk tidak memainkan harga. Selain itu juga jangan ada distributor yang menimbun barang. Hal ini bertujuan agar harga jual ke masyarakat tetap bisa terjangkau.

Rudi menegaskan bagi para pelaku usaha, jangan coba-coba barang disimpan/ditimbun, nanti arahnya  kriminal dan akan diproses oleh polisi. Kemudian  dari kita, izinnya kita cabut,” jelasnya.

Pemerintah meminta kepada masyarakat agar lebih jeli mengenai harga dan kondisi bahan pangan yang akan dibeli dipasar.

Realita dilapangan tidak semua sama, karena di satu lokasi pasar bisa terjadi variasi harga yang cukup tinggi, biarpun sudah ada standar harga yang telah dikeluarkan oleh Disperindag.

Kepala Disperindag, Zarefriadi, mencontohkan penemuan dilapangan saat memantau harga di pasar Cahaya Garden. (30/5)

Bawang putih di pasar ini dijual dengan harga berbeda-beda. Disparitas (perbandingan)  harganya pun cukup jauh. Harga tertinggi Rp 46 ribu sementara harga terendah Rp 32 ribu per kilogram, kata Zarefriadi.***

A.Zagoto

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top
%d blogger menyukai ini: