HMSTimes - What Happened Today? Walikota Batam Ajukan Ranperda Usaha Peternakan dan Pelayanan Kesehatan Hewan Agar Terkontrol Kebersihan Hewan. | HMSTIMES
You are here
Home > HMSNews > Berita > Walikota Batam Ajukan Ranperda Usaha Peternakan dan Pelayanan Kesehatan Hewan Agar Terkontrol Kebersihan Hewan.

Walikota Batam Ajukan Ranperda Usaha Peternakan dan Pelayanan Kesehatan Hewan Agar Terkontrol Kebersihan Hewan.

HMSTimes.com, Batam – Rapat Paripurna DPRD Kota Batam dengan agenda Penyampaian dan Penjelasan Walikota Batam atas Ranperda Usaha Peternakan dan Pelayanan Kesehatan Hewan, di Kantor DPRD Kota Batam, Senin (3/9/2018).

Amsakar Achmad, Wakil Walikota Batam, menyampaikan Peternakan merupakan kegiatan mengembangbiakkan dan membudidayakan hewan ternak, untuk mendapatkan hasil tersebut dengan menghasilkan daging, susu, telur baik yang dikonsumsi secara langsung maupun menggunakan olahan tertentu.

“Semakin tinggi tingkat konsumsi dari hasil ternak, diperlukan usaha peternakan yang tidak hanya secara tradisional namun dilakukan melalui penerapan metode dan teknologi yang tepat, sehingga menghasilkan hasil yang optimal guna mencapai target konsumsi masyarakat melalui usaha peternakan dan kesehatan hewan,” ungkap Amsakar Achmad, Wakil Walikota Batam.

Guna memberikan kepastian hukum sesuai asas penyelenggaraan Pemerintah, maka perlu dasar hukum yang jelas, “Pemko Batam mengajukan¬† Ranperda Penyelenggaran Usaha Peternakan dan Kesehatan Hewan serta retribusi rumah potong hewan,” tambahnya.

Ranperda ini sesuai dengan pasal 14 ayat (1) Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2014 tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah yang disertai dengan penjelasan berupa Kajian internal Dinas Ketahanan Pangan.

Muhammad Rudi, Walikota Batam, mengatakan Ranperda kita buat agar lebih terkontrol untuk kebersihan hewan, selama ini bukannya tidak sehat tapi tidak terkontrol, kalau tidak terkontrol kita tidak tau sehat apa tidaknya.

Karna kalau pada saat disembelih dibuang diair, kuman dan bakteri bisa masuk ini yang dimakan, kalau dimasak 100 derajat bisa mati bakterinya, kalau tidak akan masuk ke tubuh kita.

“Kebersihan hewan baik untuk potong hewan ataupun potong unggas, kalau hewan jumlahnya kecil satu hari berapa ekor saja, tapi kalau untuk unggas bisa ribuan pemotongannya, ini yang perlu kita kontrol supaya bersih dan menjamin Halal untuk kaum muslim,” tutup Muhammad Rudi, Walikota Batam.

(Yuyun)

Editor : A.Z

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top
%d blogger menyukai ini: