HMSTimes - What Happened Today? Wakil Bupati H Efendi Ahmad Buka Festival Durian Sedahan Jaya | HMSTIMES
You are here
Home > HMSNews > Wakil Bupati H Efendi Ahmad Buka Festival Durian Sedahan Jaya

Wakil Bupati H Efendi Ahmad Buka Festival Durian Sedahan Jaya

HMSTime.com, Kayong Utara, Sukadana – Festival Durian merupakan suatu even yang telah di tetapkan sebagai agenda rutin tahunan di Desa Sedahan Jaya, sejak tahun 2015 silam. Ajang Festival ini awalnya adalah sebagai salah satu kegiatan penunjang saat Sail Selat Karimata.

Pada Jumat 22 Desember 2018 kegiatan Festival Durian yang ke- 4 kalinya dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati H Efendi Ahmad. Kegiatan yang dilangsungkan di halaman kantor desa, di Desa Sedahan Jaya kecamatan Sukadana.

Turut hadir dalam acara yakni Ibu Setda Kayong Utara (Hj Gilaria Yusnani), Waka Polres Kompol Hariyanto SH, Anggota DPRD H. Syukran dan Nazadolah, juga beberapa kepala Intansi dari Pemda Kayong Utara, Tokoh budaya, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Acara pembukaan diisi dengan berbagai atraksi kesenian daerah, seperti Tari bali, Tari Senggayong dan lainnya.

Wakil Bupati sangat mengapresiasi adanya kegiatan yang mengandung nilai seni dan budaya tersebut, ia bahkan berpesan kepada seluruh masyarakat Kayong agar memviralkan kegiatan tersebut di media sosial, agar lebih dikenal oleh masyarakat yang ada di luar Kayong Utara.

Wabup juga berjanji, bahwa festival durian pada tahun-tahun akan datang akan di buat lebih neriah lagi.

” Tahun depan acara ini harus kita bikin lebih meriah, bila perlu kita undang pihak-pihak yang dari Provinsi bahkan dari kementrian pusat. Agar lebih ramai orang berkunjung ke Jayong Utara, dengan demikian dapat neningkan perekonomian di Kayong Utara. Disini masih banyak potensi alam kita yang bisa kita jual, kita punya pantai yang indah dan tempat-tempat wisata lainnya,” papar Wabup dengan semangat.

Naza Nadira Kepala Desa Sedahan Jaya dalam sambutannya mengucapkan ribuan terima kasih kepada seluruh pengunjung dan tamu undangan, terutama kepada Wakil Bupati yang telah berkenan untuk datang membuka acara yang diadakan di Desanya.

Naza Nadira menceritakan dengan singkat awal timbulnya ide Festival durian, bahwa mengingat Durian sebagai komoditi unggulan Kayong Utara, dan ide ingin melestarikan Tanaman Durian sebagai warisan dan sebagai tanaman cagar alam.

Naza Nadira berharap dengan adanya even tersebut dapat memotivasi warga masyarakat agar bergiat untuk membudidayakan durian dan menjga alam dan lingkungan dimana desanya sedang menuju desa Ekowisata berbasis masyarakat.

” Desa Sedahan Jaya sedang menuju ekowisata yang berbasis Masyarakat, karena itu butuh dukungan dari semua pihak baik dari penerintah, swasta maupun lembaga lembaga yang berkompeten, agar Sedahan Jaya bisa menjadi daerah tempat tujuan wisata baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara,” tutur Naza Nadira penuh berharap.

Selanjutnya ia berharap agar pemerintah daerah bisa mencarikan solusi, bagaimana segala potensi alam yang ada di Desa Sedahan Jaya bisa dikenal luas oleh masyarakat di luar Kayong. Karena di Desa Sedahan Jaya, selain destinasi Durian ada panorama alam yang indah seperti air terjun di Lubuk Baji, ada Taman Wisata, ada Kampung Bali dan ada berbagai seni budaya lain akan jadi penarik minat para wisatawan.

A.M

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top
%d blogger menyukai ini: