HMSTimes - What Happened Today? Terhitung 01 Januari 2019 Kartu Natuna Sehat Tidak Berlaku, Ini Penjelasan Kepala Dinas Kesehatan Natuna. | HMSTIMES
You are here
Home > HMSNews > Berita > Terhitung 01 Januari 2019 Kartu Natuna Sehat Tidak Berlaku, Ini Penjelasan Kepala Dinas Kesehatan Natuna.

Terhitung 01 Januari 2019 Kartu Natuna Sehat Tidak Berlaku, Ini Penjelasan Kepala Dinas Kesehatan Natuna.

HMSTimes.com, Natuna -Sehubungan dengan informasi yang berkembang, terkait penggunaan kartu Natuna sehat sudah berakhir masa berlaku dan tidak diberlakukan lagi bagi masyarakat Natuna. Hal ini menjadi pertanyaan bagi masyarakat.  Terkait selanjutnya kelanjutan diberlakukan Kartu Indonesia Sehat (KIS), Informasi yang berkembang, masyarakat terbelenggu dengan masih kurangnya pemahaman cara mengurus kartu Indonesia sehat tersebut. Merupakan sebuah kebutuhan.

Salah seorang masyarakat Natuna, tidak ingin namanya ditulis, merasa terkejut atas informasi yang berkembang, dikarenakan dirinya baru saja selesai mengurus kartu Natuna sehat, belum lama menggunakan, tiba-tiba berkembang informasi, penggunaan kartu Natuna sehat tersebutkan, sudah tidak dapat dipergunakan. Bagaiman cara pengurusan kartu Indonesia sehat dan dimana pengurusannya?, ungkapannya dan melontarkan pertanyaan kepada HMSTimes.com, (4/1/2019).

Pada hari dan waktu yang sama, Kepala dinas kesehatan Natuna, Rizal Rinaldy, melalui Kepala bidang Pelayanan Sumber Daya Kesehatan (PSDK), Mus Mulyadi, saat dikonfirmasi HMSTimes.com, dikantornya. Membenarkan, bahwa Kartu Natuna sehat, terhitung 1 Januari 2019, tidak berlaku lagi, namun para masyarakat Natuna, peserta Natuna Sehat, membutuhkan pelayan kesehatan, dapat membawa kartu tersebut. Diserahkan kepada bagian administrasi di RSUD maupun di puskesmas. Kartu Natuna sehat yang dimiliki oleh peserta Natuna sehat akan di tarik, dan tidak akan diserahkan dan atau dikembalikan kepada peserta, selaku pemilik kartu.

“Semua kebijakan ini berlandaskan arahan dan program dari pusat, terkait perubahan dari peserta Natuna sehat, menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Bukan berarti peserta Natuna sehat tidak bisa lagi mendapatkan pelayanan kesehatan. Secara otomatis, pemkab Natuna, melalui Dinas kesehatan Natuna, akan memproses kepesertaan Natuna sehat, untuk mendapatkan perubahan menjadi kartu peserta JKN.

“Sebelum mendapatkan kartu peserta JKN, dari perubahan kartu peserta Natuna sehat. Pelayanan kesehatan kepada peserta Natuna sehat, tetap berjalan seperti biasanya. Tinggal menunjukkan identitas, berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) Natuna, kepada petugas RSUD Natuna dan di puskesmas. Nomor Induk Kependudukan (NIK), sebagai dasar acuan, akan disesuaikan dengan yang tertulis di kartu peserta JKN oleh petugas BPJS Natuna”, terangnya Mus Mulyadi memberikan pemahaman. Harapannya seluruh masyarakat Natuna yang merupakan peserta Natuna sehat, agar dapat memahami penjelasan yang diberikan.

(Abdullah Lubis)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top
%d blogger menyukai ini: