HMSTimes - What Happened Today? Sidang Peradilan Perkara Pidana di Pengadilan Negeri Batam Sangat Memprihatinkan | HMSTIMES
You are here
Home > HMSNews > Berita > Sidang Peradilan Perkara Pidana di Pengadilan Negeri Batam Sangat Memprihatinkan

Sidang Peradilan Perkara Pidana di Pengadilan Negeri Batam Sangat Memprihatinkan

 

HMSTimes.com, Batam – Pengadilan NegeriBatam, yang notabene adalah tempat orang mencari keadilan dan juga untuk mengadili orang – orang yang tersandung pelanggaran hukum, tempat ini sangat dibutuhkan orang – orang yang menghadapi permasalahan hukum, namun kenyataannya sangat mengecewakan.

Dikatakan salah satu keluarga terpidana Narkoba yang tidak mau diberitakan namanya mengatakan kepada HMSTimes.com, dianya sangat kecewa atas lamanya dimulai sidang, kami disini (di pengadilan) mulai jam 10.00 wib (pagi), dan tahanan pun belum ada, setiap jadwal sidang saudara kami, kami selalu datang, setiap sidang tahanan baru sampai jam tiga sore di Pengadilan Batam, kami tidak berani pak untuk menanyakannya, soalnya kan saudara kami didalam, takut kami pak bias beresiko buat saudara kami, yang namanya di dalam tahanan sudah jelas itu tidak ada harganya pak, sudahlah pak ya, ini sudah jam dua tahanan pun belum tiba.

Rupanya bukan hanya keluarga tahanan yang kecewa tetapi pihak pengacara pun ikut juga meradang, namun begitu ditanya pengacara yang mengomel – ngomel langsung menjawab, siapa tidak marah bang kami semua yang duduk dikantin pengadilan ini sudah sangat bosan, lihat itu bang yang duduk dikantin itu, pengacarakan? Sudah jam dua ini tahanan belum tiba, kapan  lagi sidangnya, apakah ini trik Hakim dan Jaksa supaya dalam persidangan tidak ada lagi waktu untuk menggali keterangan masalah kasus yang dihadapi klien.

Jelas waktu yang menentukan kebenaran permasalahan yang dihadapi terdakwah, kalau waktu mepet bagaimana kita mencari kebenaran disana, sidang itu bukan seperti mencangkul di kebun, kalau mencangkul kan bisa kita targetkan berapa luas yang kita kerjakan, kalau mencari keadilan mana bisa kita ukur dengan tenaga, yang bisa menentukan benar dan tidaknya suatu perkara pidana, hanyalah dari keterangan saksi dan keterangan terdakwa, keterangan itulah yang harus kita kaji dan dari keterangan saksi situlah bisa dipertimbangkan dan disimpulkan berapa kebenarannya dan berapa kesalahannya.

Sejak dulu sampai sekarang tahanan begitu sampai kepengadilan Batam ini selalu sore, tidak pernah ada niat Jaksa dan Hakim untuk mendatangkan terdakwa di pagi hari, selalu didatangkan waktu sore, kami tidak tahu alasannya, sudah malas kami memintanya, jangankan meminta memohon saja sudah sering kami lakukan, kenyataannya tidak ada perubahan. Ujar pengacara yang tidak mau disebutkan namanya.

JefriPasaribu/Redaksi

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top
%d blogger menyukai ini: