HMSTimes - What Happened Today? Sidang Mendengarkan Kronologis Tenggelamnya Kapal TKI | HMSTIMES
You are here
Home > HMSNews > Berita > Sidang Mendengarkan Kronologis Tenggelamnya Kapal TKI

Sidang Mendengarkan Kronologis Tenggelamnya Kapal TKI

HMSTimes.com,Batam- Rabu 3 Mei 2017, persidangan dengan agenda mendengarkan keterangan dari terdakwa dodi atas kasus tengelamnya kapal di perairan Batam.

Hakim majelis Zulkifli,SH.MH  menpersilahkan terdakwa Dodi untuk menceritakan kronologis kejadian dari awal.

Dari penjelasan terdakwa Dodi , pertama kali dia di telepon oleh Herman (DPO) yang merupakan nakoda kapal. Herman menelpon Dodi dan berkata,” Dodi, Kamu dimana, ke sinilah temani saya memeriksa mesin kapal. Lalu terdakwa datang untuk membatu Herman (DPO) memeriksa kapal tersebut.

Selesai memeriksa kapal, kami mengetes kapal dan menjalankannya ke tenggah laut, setelah kapal ok, Herman (DPO) menelpon Sukri yang merupakan bos Herman. Saat itu Sukri menyuruh Herman untuk berangkat  langsung ke malaysia untuk menjemput TKI, Herman saat itu mengeluh kekurangan ABK,  tapi diperintahkan untuk lanjut saja, nah karena kekurangan ABK tersebut saya diajak oleh Dodi dengan upah Rp 1,5 juta, saat itu saya aminin karena saya dalam posisi nganggur.

setelah kami  sepakat, kami langsung berangkat ke malaysia, sesampainya kami  disana, Herman menyuruh saya untuk menelpon teman nya di sana yang menjaga TKI tersebut supaya menyalakan lampu , sebagai kode/isyarat  agar kami tau di mana mereka bersembunyi.

kemudian  beberapa saat teman Herman yang di malaysia memberi kode dengan menghidupkan lampu , lalu kami langsung menghampiri, dan saya menyaksikan para TKI berjalan dari pantai menuju  ke kapal kami.

Sebelum naik kekapal Herman(DPO) menyuruh saya untuk meminta ongkos dari para TKI Rp 400 ribu perorang di kali  dari 93 TKI. Setelah  uangnya terkumpul, saya langsung serahkan  kepada Herman.

Setelah sampai diperairan indonesia dodi menyuruh saya meminta uang lagi kepada TKI tersebut dengan dalih  untuk uang pendaratan. Namun setelah saya meminta uang kapal kami menabrak karang, Namun Herman tetap membawanya jalan. Dan tidak lama kemudian karna kuatnya badai kapal kami di hantam oleh ombak sehingga  kapal itu terbalik dan menenggelamkan 93 TKI.

Disaat kapal terbalik saya , Herman dan 1 penumpang menyelamatkan diri  ke pantai dan saat di pantai kami di bantu oleh nelayan, kemudian  kami langsung lari. Herman menyampaikan ke saya , kita harus kabur Dodi,  namun saya berkata “bagaimana dengan mereka? Biar saja ujar Herman.

Dan sampai sekarang saya tidak mengetahui di mana Herman,Sahut dodi.

Dari situ saya langsung lari ke tanjung pinang bersembunyi di rumah keluarga saya.

Setelah selesai mengatakan keterangan nya, ketua mejelis Zulkifli, SH.MH menunda sidang minggu depan untuk tuntutan dari jaksa.

Persidangan di pimpin oleh ketua majelis Zulkifli, SH.MH  dan hakim anggota Hera, SH.MH  dan Iman Putra Budi,SH.MH. dan Jaksa penuntut umum Rosmalina Sebiring.SH.
Willy Lubis

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top
%d blogger menyukai ini: