HMSTimes - What Happened Today? Sekolah Doubel Shift Perlu Penambahan Guru. | HMSTIMES
You are here
Home > HMSNews > Sekolah Doubel Shift Perlu Penambahan Guru.

Sekolah Doubel Shift Perlu Penambahan Guru.

HMSTimes.com, Batam – Semua anak-anak yang akan masuk sekolah harus bisa di tampung di sekolah, terkait daya tampung di sekolah negri tidak kecukupan, sekolah bisa melakukan double shift dan perlu penambahan untuk guru.

Sesuai instruksi dari Pak Wali Kota Batam, bahwa semua anak-anak yang akan masuk sekolah semua harus bisa di tampung di Sekolah.

Aman, Anggota Komisi IV DPRD Kota Batam, mengatakan, karna semua di akomodir di sekolah negri dan daya tampung juga terbatas, maka ada konsekuensi yang di tanggung, pasti ada terjadi double shift atau bisa numpang disekolah lain, Jum’at (27/7/2018).

“karena tidak kecukupan daya tampung di sekolah negri, walaupun di sekolah swasta masih kekurangan murid, pasti ada sekolahan yang jam sekolahnya double shift, dan bisa juga menumpang disekolah lain,” ujar Aman Anggota Komisi IV DPRD Kota Batam.

Masalah ini harus kita pikirkan secara serius, yang double shift misalnya, awalnya hanya masuk pagi dengan diterima seluruh anak murid yang masuk negri maka banyak sekolah yang masuk siang atau double shift.

“Itu akan berdampak pada kebutuhan guru, yang masuk siang harus terpenuhi sehingga anak ketika sekolah betul-betul maksimal dapat belajar dengan baik, proses belajar mengajar harus bisa berlangsung secara baik,” ujarnya.

Kita tidak bisa mengorbankan guru, yang pada pagi sudah maksimal jam belajar mereka, maka tidak mesti harus dituntut bisa mengajar di siang harinya.

Kalau ternyata masih ada seperti itu, ini yang harus diperhatikan pemerintah kedepan, bagaimana mencukupi kebutuhan guru yang ada di sekolah.

Ia juga menambahkan, jangan sampai sudah maksimal mengajar di pagi, mengajar lagi disiang hari menjadi tidak maksimal, akhirnya proses belajar mengajar jadi terganggu dan siswa tidak bisa menerima pelajaran dengan baik karena gurunya sudah kelelahan.

Menurut saya ini harus segera dilakukan penambahan guru sesuai dengan kebutuhan real, dibidang studi apa yang kurang maka itu yang harus di rekrut.

Komisi 4 kecewa ketika di APBD perubahan kita sudah rekomendasi anggaran untuk menambah guru sebanyak 150 guru, sesuai kebutuhan real yang sesungguhnya.

Ketika APBD baru merasa ada persoalan kekurangan guru, dan ini menjadi persoalan baru.

“Di APBD Kita mendorong untuk dianggarkan penambahan guru, karna di APBD murni tidak ada anggarannya,” ungkap Aman.

Ini yang akan dibahas di APBD perubahan, dan harus segera disiasati seperti apa, tidak mungkin sekolah dibiarkan seperti ini, sudah kelas kurang, double shift, guru tidak ada.

Untuk yang menumpang sekolah segera dicarikan lahan, bekerja sama dengan Pemko, atau kalau lahan sudah ada segera di eksekusi untuk dilakukan membuat sekolah baru.

Saya yakin di tahun ajaran kedepan akan membludak lagi, karna pertumbuhan penduduk di Batam sangat luar biasa dengan tingkat keluarga yang usia muda produktif, belum lagi yang dari luar batam masuk ke batam.

Untuk data base betul-betul dilaksanakan untuk mendata anak-anak didik yang mau masuk sekolah di tahun depan, berapa persentasenya, berapa banyaknya kecukupan daya tampung sekolah, berapa banyak yang tidak tertampung sesuai dengan kuota yang sebenarnya, harus dipikirkan saat ini.

Jangan saat PPDB, baru ribut lagi, harusnya kejadian beberapa tahun ini menjadi pengalaman dan pembelajaran, tutup Aman.

(Yuyun)

Editor : A.Z

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top
%d blogger menyukai ini: