HMSTimes - What Happened Today? Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia Gelar ICVHE 2018. | HMSTIMES
You are here
Home > HMSNews > Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia Gelar ICVHE 2018.

Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia Gelar ICVHE 2018.

Prof. Dr. Ir. Sigit Pranowo Hadiwardoyo, DEA, Direktur Program Pendidikan VokasiDr. Lam King Chung (John Harvard Fellow, Harvard University, USA)

HMSTimes.com, Batam – Program vokasi universitas indonesia menyelenggarakan The 3rd International Conference of Vocational Higher Education (ICVHE), di Sahid Batam Center Hotel, Batam, Kamis (2/8/2018).

Kegiatan dibuka oleh Rektor Universitas Indonesia Prof. Dr. Ir Muammad Anis, M.Met yang didampingi oleh Direktur Program Vokasi UI Prof. Dr. Ir. Sigit Pranowo Hadiwardoyo, DEA dan Ketua Panitia, Dr. Devie Rahmawati,M.Hum., CPR.

Dalam Kesempatan ini hadir perwakilan Gubernur Riau, H. Syamsul Bahrum, Ph.D, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan dan perwakilan Walikota Batam, Drs. H.Jefridin MPd, Sekertaris Daerah Pemerintah Kota Batam.

ICVHE kali ini menghadirkan empat pembicara utama yaitu: Prof. Dr. Koh Young Hum (Hankuk University of Foreign Studies), Dr. Lam King Chung (John Harvard Fellow, Harvard University, USA), Janoe Arijanto (Presiden Direktur Dentsu One), Gavin Chay (Singapore Consul General).

Kegiatan ini bertema “Understanding Digital World: From Theory to Practice” yang diikuti oleh 75 peserta yang berhasil melewati proses seleksi ketat untuk dapat penyaji.

Peserta terdiri atas peneliti dan praktisi dari India, Belanda, Korea Selatan, Amerika Serikat, Jepang, Singapore dan berbagai universitas serta institusi di tanah air. menjadi riset terbaik dari berbagai perguruan tinggi di dalam maupun luar negeri.

  1. Syamsul Bahrum, Ph.D, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kepulauan Riau, menyampaikan, Pemerintah Kepulauan Riau berkomitmen untuk menjalin kerjasama dengan Universitas Indonesia khususnya Program Pendidikan Vokasi dalam hal sertifikasi profesi.

Visi Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia adalah menjadi institusi Pendidikan Vokasi yang terkemuka di ASEAN dan mencetak lulusan yang mampu bersaing

Guburnur Kepri (diwakili deputi), juga menyampaikan, 40% investasi di Kepri adalah joint venture dengan Singapore, Kepri sudah tanda tangan MoU dengan UI dan berharap kedepan dapat bekerjasama terkait dengan pelatihan SDM (sertifikasi) di Kepri terutama di bidang industri, pariwisata, dan perdagangan.

Prof. Dr.Ir. Sigit Pranowo Hadiwardoyo, DEA, Direktur Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, menyampaikan,

penerapan kurikulum berbasis terapan akan menjadi landasan kekuatan utama dalam melakukan terobosan kurikulum dan pengembangan skill berbasis kompetensi.

“Visi Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia adalah menjadi institusi Pendidikan Vokasi yang terkemuka di ASEAN dan mencetak lulusan yang mampu bersaing,” ujar Prof. Dr.Ir. Sigit Pranowo Hadiwardoyo, DEA, Direktur Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia.

Ia juga menambahkan, kegiatan ini merupakan yang ke tiga kalinya, dimana pertama di Jakarta, Bali dan sekarang di Batam, untuk tahun depan akan dilakukan di Manado, dan Kegiatan dilakukan setiap tahun di akhir juli atau awal agustus.

“Ini sudah kegiatan yang ke tiga dilakukan oleh program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, pertama di Jakarta, Bali, Batam dan yang keempat nanti di Manado dengan tema pariwisata,” ujarnya.

Kegiatan ini dimaksud untuk bisa mengungkapkan hasil riset dari para dosen, baik dilingkungan penelitian sendiri maupun dari luar.

“Kita akan menyampaikan ke publik, apa perkembangan yang sudah dilakukan, yang akan dilakukan serta hambatan kedepannya,” ujar Prof. Dr.Ir. Sigit Pranowo Hadiwardoyo, DEA.

Dengan adanya kegiatan ini, harapannya  ada informasi ke pubkik, riset yang sudah dilakukan para dosen tentang kegiatan, bisa didiskusikan menjadi masukan bagi para penulis untuk kepenelitian berikutnya, tutupnya.

(Yuyun)

Editor : A.Z

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top
%d blogger menyukai ini: