HMSTimes - What Happened Today? Polsek Sagulung Ciduk 2 Pelaku Pencuri Uang, Dengan Modus Ganjal ATM | HMSTIMES
You are here
Home > HMSNews > Berita > Polsek Sagulung Ciduk 2 Pelaku Pencuri Uang, Dengan Modus Ganjal ATM

Polsek Sagulung Ciduk 2 Pelaku Pencuri Uang, Dengan Modus Ganjal ATM

HMSTimes.com, Batam- Jajaran Reskrim Polsek Sagulung yang diBackup oleh Opsnal Reskrim Polresta Barelang menangkap dua orang pelaku kejahatan pencurian dengan modus ganjal ATM.menggunakan tusuk gigi. Kedua Pelaku ini berinisial DA (40) dan A (34)

Kapolsek Sagulung AKP Yuda Surya Wardana mengatakan, Pada Selasa 17 April 2018 lalu telah terjadi tindak pidana pencurian di mesin ATM BNI kawasan Tunas Regency. Kita mendapat informasi  dari masyarakat, Polisi lalu menangkap DA (40)  pada Minggu (13/52018) sekitar pukul 15.30 WIB Buana Impian Blok C No.9  Kemudian dilakukan pengembangan ke Bengkong Indah II Blok G No.2 dan berhasil mengamankan A (34)

“Selanjutnya kedua para Pelaku dan barang bukti kemudian diamankan ke Polsek Sagulung,”

ungkap Yuda, Senin(14/5/2018).

Yuda menjelaskan, para pelaku memasukkan tusuk gigi ke lubang kartu ATM. Selanjutnya pelaku juga melakukan pengganjalan di tempat keluarnya uang dari mesin ATM.Modusnya mengganjal ATM menggunakan tusuk gigi,

“Saat korban melakukan transaksi bisa, namun mesin tidak mengeluarkan uang karena terganjal,” ujar Yuda.

Komplotan ini berkerja berdua, saat korban kesulitan karena ATM macet pelaku membujuk korban dan menawarkan bantuan kemudian mengarahkan korban agar ATM korban keluar.

“Kemudian korban meminta bantuan ke pada pelaku setelah pelaku mencoba memasukan kartu ATM dan pelaku  menukarkan kartu ATM dengan yang lain yang sudah disediakan oleh pelaku,” jelasnya.

Menurutnya, modus ini berbeda dengan modus skimming. Modus yang dilakukan komplotan ini adalah modus manual dengan cara mengganjal mesin ATM dengan tusuk gigi pelaku memasukkan tusuk gigi ke lubang kartu ATM.

Saat ditangkap, Yuda  mengatakan pelaku mengaku sudah melakukan modus ini sebanyak 5 kali. Dari pengakuannya, pelaku melakukan kejahatan ini di daerah Tunas, Tiban, Lengenda, Botania dan SP.

Dari tangan kedua pelaku polisi mengamkan barang bukti berupa 1 kotak tusuk Gigi (Sebagai alat mengganjal ATM), 1 gergaji besi, 1 unit Mobil Avanza Warna abu-abu yang digunakan pelaku melakukan aksinya, 2 buah Kartu ATM BNI.

“Kita juga mengamankan sebanyak 25 kartu ATM dari berbagai bank, milik korban dan milik pelaku yang digunakan sebelum melakukan aksinya,” kata Yuda.

Saat ini polisi juga masih melakukan pengembangan terhadap kasus tersebut.

“Kami mengimbau agar tidak menanggapi orang tak dikenal yang pura-pura membantu saat ATM tertelan,” ucap Yuda

Rega

Editor : A.Z

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top
%d blogger menyukai ini: