HMSTimes - What Happened Today? Perangi Hoax LMP DKI Jakarta Dukung Polri Amankan Pemilu 2019 | HMSTIMES
You are here
Home > HMSNews > Berita > Perangi Hoax LMP DKI Jakarta Dukung Polri Amankan Pemilu 2019

Perangi Hoax LMP DKI Jakarta Dukung Polri Amankan Pemilu 2019

HMSTimes.com, Jakarta – Laskar Merah Putih (LMP) mengajak seluruh masyarakat Indonesia bersama-sama memerangi maraknya berita dan informasi hoax menjelang, saat dan setelah berlangsungnya Pemilu 2019.

Berdasarkan hasil penelitian salah satu lembaga survey dan laporan dari Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), jumlah hoax atau berita palsu meningkat menjelang Pemilu legislatif dan Presiden tanggal 17 April, 2019. Terkait hal itu LMP menyampaikan sikap dan dukungan moral guna mensukseskan Pemilu 2019 yang Aman, Damai, Sejuk dan Berintegritas.

“Pada Pemilu 2019 kali ini tahap kampanye calon anggota legislatif maupun pasangan calon presiden dan wakil presiden diberikan waktu cukup lama,” kata H. Agus Salim, Ketua Markas Daerah Laskar Merah Putih DKI Jakarta, dalam acara Konferensi Pers di kawasan Mataraman, Jakarta, Senin (28/1/2019).

Agus menambahkan dari sisi positif, dengan bertambahnya waktu kampanye, masyarakat diharapkan semakin mengenal calon anggota legislatif di daerah pemilihannya termasuk terhadap pasangan calon presiden dan wakil presiden.

“Namun demikian, terdapat juga sisi negatif dari bertambahnya waktu kampanye, yaitu maraknya berita maupun informasi HOAX yang beredar di masyarakat melalui berbagai media serta saluran komunikasi dan informasi,” kata Agus.

Agus menambahkan berita dan informasi Hoax dapat dikategorikan sebagai kampanye hitam (black campaign) dalam rangka memprovokasi, menghasut/agitasi mempengaruhi emosi, sikap, tingkah laku, opini serta motivasi masyarakat demi tercapainya misi dan/atau kepentingan pribadi dan/atau golongan tertentu.

“Hal ini akan berdampak negatif terhadap proses edukasi politik di Indonesia berupa munculnya kekhawatiran bahwa masyarakat akan berlaku apatis dalam setiap ajang pemilihan umum di masa yang akan datang.

Seperti diberitakan sebelumnya, Survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA mencatat, 75 persen publik mengaku khawatir dengan kian maraknya hoaks. Peneliti LSI Denny JA mengatakan tahun lalu, penelitian lembaga survey tersebut menunjukan hanya 8,7 persen publik yang menyatakan tidak khawatir.

Sementara itu, 74,5 persen dari responden yang khawatir tersebut menyatakan ingin melihat media sosial ditertibkan dari penyebaran berita-berita bohong.

Sebelumnya, banyak kasus penangkapan oleh Polisi terkait hoax, diantaranya penyebar hoax ijazah Presiden Joko Widodo (Jokowi) palsu, dan hoax kontainer surat suara tercoblos.

LMP DKI sendiri lanjut Agus, mengajak kepada seluruh masyarakat “untuk mendukung Polri sebagai salah satu lembaga pemangku kepentingan dibidang penegakan hukum yang sedang berupaya menanggulangi dan memberantas maraknya berita dan informasi Hoax dalam rangka mengamankan penyelenggaraan Pemilu 2019 yang aman, damai, sejuk dan berintegritas.”

LMP juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak golput, dan menggunakan gunakan hak pilih secara tepat pada saat pemungutan suara untuk memilih calon anggota legislatif, calon presiden serta wakil presiden yang terbaik demi kemajuan NKRI.

Tentang LMP DKI

LMP DKI merupakan chapter dari Laskar Merah Putih, yaitu oganisasi masyarakat  dengan didukung oleh tokoh LSM, tokoh organisasi kemanahasiswaan, dan tokoh pemuda.

LMP mempunyai misi menggalang persatuan dan Kesatuan komponen Anak Bangsa dalam komitemen kebangsaan sebagai implementasi Warga Negara Indonesia yang bertanggung jawab terhadap Nasionalisme dan Patrotisme demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selain itu, LMP turut berpartisipasi aktif dalam mengkritisi kebijakan publik yang tidak berpihak kepada rakyat khususnya dalam penguasaan sumber daya alam dalam rangka mewujudkan kemandirian Koperasi, usaha kecil dan menengah sebagai sarana kewirausahaan bagi masyarakat terutama dalam sektor industri kecil, kepariwisataan dan sektor-sektor informal.*

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top
%d blogger menyukai ini: