HMSTimes - What Happened Today? Mal Pelayanan Publik Batam Beroperasi November | HMSTIMES
You are here
Home > HMSNews > Berita > Mal Pelayanan Publik Batam Beroperasi November

Mal Pelayanan Publik Batam Beroperasi November

HMSTimes.com, Batam- Pemerintah kota Batam kini berbenah diri untuk memberikan pelayanan yang prima buat warga Batam yang ingin mengurus, mulai dari surat-surat pribadi hingga usaha atau badan hukum, dengan durasi yang relatif cepat.

Pemko Batam akan membuat pelayanan umum dengan menyatukan berbagai instansi dalam satu gedung agar masyarakat tidak perlu mundar mandir untuk mengurus keperluan mereka, dan wadah pelayanan itu mal pelayanan publik.

Mal Pelayanan Publik yang di maksud di Kota Batam ditargetkan mulai beroperasi November mendatang. Walikota Batam, Muhammad Rudi mengatakan peresmian mal pelayanan publik ini rencananya diresmikan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo.

“Nanti akan dibuat seperti mal betulan. Ada tempat main anak, Ibu-ibu bisa makan minum. Lantai 1 untuk perizinan semua,” kata Rudi, Rabu (5/7) malam.

Mal pelayanan publik ini akan dibuat di Sumatera Promotion Centre atau Sumatera Expo di Batam Centre. Gedung tiga lantai tersebut saat ini difungsikan sebagai layanan perizinan terpadu satu pintu Pemerintah Kota (Pemko) dan Badan Pengusahaan (BP) Batam.

Ke depannya, tak hanya untuk dua institusi pemerintah tersebut. Tapi juga instansi lain seperti layanan publik dari Kepolisian, Kementerian Agama, dan sebagainya.”Yang mau nikah, urusnya ke sana juga nantinya,” kata dia.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur mengatakan instansi vertikal lain yang akan mengisi mal ini seperti Badan Pertanahan Nasional, Imigrasi, Samsat.

“SIUP TDP, KTP, paspor, surat nikah, sertifikat lahan, pajak. Semua di situ. Cukup datang ke satu gedung, selesai urusannya di situ,” kata Asman.

Saat ini Kementerian PANRB sedang mendesain pola pengelolaannya. Nantinya akan ada satu institusi atau lembaga yang ditunjuk sebagai pengelola. Dan ini akan menjadi model atau standar nasional. Sehingga ke depannya tiap provinsi ditargetkan memiliki satu mal pelayanan publik.***

A.Z

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top
%d blogger menyukai ini: