HMSTimes - What Happened Today? KPU Dan BAWASLU Harus Transparant Selama Proses Pemilu. | HMSTIMES
You are here
Home > HMSNews > Berita > KPU Dan BAWASLU Harus Transparant Selama Proses Pemilu.

KPU Dan BAWASLU Harus Transparant Selama Proses Pemilu.

HMSTimes.com, Batam- Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi 1 dengan pihak terkait, sehubungan adanya pelanggaran yang dilakukan salah satu partai politik dalam kegiatan yang di selenggarakan oleh KPU.

Budi Mardiyanto, Ketua Komisi 1 DPRD Kota Batam, berharap meminta penjelasan atau ketegasan dari pada penyelenggara pemilu dan juga pengawas pemilu, dalam hal ini KPU dan juga Bawaslu, terkait dengan sebuah pelanggaran yang dilakukan oleh salah satu partai politik yang dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh KPU.

Begitu banyak partai peserta pemilu yang melanggar aturan, dan bahkan di situ ada kpu dan juga Bawaslu, nah Apa sanksi yang diberikan.

“Kita perlu tegaskan antara KPU dan Bawaslu itu sudah mensosialisasikan sebuah aturan-aturan, namun demikian apa yang terjadi, aturan-aturan itu tinggal aturan aja, karna pelanggaran masih berjalan,” Ujar budi, Jum’at (27/4/2018).

Ia juga menambahkan, komisi 1 mempunyai tugas dan tanggung jawab, kpu dan bawaslu jangan berpikir atau persepsi bahwa mereka sebuah penyelenggara yang independen, ingat  anggaran yang digunakan mereka itu anggaran siapa, anggaran yang memang sudah dianggarkan dari APBD atau pun APBN, itu bagian dari pada tugas tanggung jawab anggota dewan untuk pengawasan.

Yang kita inginkan terjadinya sebuah ketransparanan, tidak ada keberpihakan di salah satu partai, tapi realita yang kita lihat di lapangan ada sebuah intimidasi dari pihak-pihak terkait, bahkan sudah ada PERWAKO yang notabennya itu harus dilakukan, tetapi justru malah dilanggar oleh pelaksana itu sendiri.

Inilah yang perlu kita tegaskan, dan rapat ini bukan memutuskan untuk sebuah suatu keputusan yang dijalankan, tetapi rekomendasi.

“DPRD punya kewenangan untuk merekomendasikan itu, kalau memang dipandang KPU tidak Netral kita bisa merekomendasikan, ya begitu pun Panwaslu,” ujarnya.

Panwaslu punya integritas dan komitmen dan harus betul-betul dijalankan sesuai aturan undang-undang, kita akan mengagendakan rapat berikutnya, mudah-mudahan kpu dan bawaslu mau hadir dan datang, tujuannya untuk kebaikan bersama, bukan untuk mau menyalahkan satu sama lain, tutup budi.

Yuyun

Editor : A.Z

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top
%d blogger menyukai ini: