HMSTimes - What Happened Today? KPK Buka Layanan Call Center, ini kata Febri Diansyah | HMSTIMES
You are here
Home > HMSNews > Berita > KPK Buka Layanan Call Center, ini kata Febri Diansyah

KPK Buka Layanan Call Center, ini kata Febri Diansyah

HMSTimes.com, Lingga – Komisi Pemberantasan Korupsi membuka akses dan Layanan Informasi Publik Call Center di nomor 198, Rabu (2/1/2018) kemarin.

“Mulai 2 Januari 2019, KPK membuka akses dan melakukan uji coba di nomor 198 untuk Layanan Informasi Publik atau Call Center KPK,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah, dihubungi HMSTimes.com, Kamis (3/1/2018).

Sementara layanan masih dalam tahap uji coba, KPK memberikan kesempatan bagi seluruh masyarakat di Indonesia untuk menggunakan layanan tersebut selama 12 jam, dimulai pukul pukul 06.00 – 18.00 WIB.

“Masyarakat dapat menghubungi nomor tersebut untuk kebutuhan informasi publik berupa Informasi Gratifikasi, Pengaduan Masyarakat dan Informasi publik lainnya,” ujar Febri.

KPK berharap dengan adanya call centre di nomor 198, masyarakat dapat lebih mudah mengakses informasi dari KPK.

“Ini merupakan salah satu upaya KPK melaksanakan amanat Pasal 20 ayat (1) UU KPK dan UU No. 14 Tahun 2018 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP),” ujar Febri.

Menurut pria kelahiran 8 Februari 1983, Padang, Sumatera Barat itu, nantinya secara bertahap KPK akan mengevaluasi efektifitas layanan informasi tersebut dan akan menambah jam layanan hingga 24 jam.

“Secara bertahap KPK akan mengevaluasi efektifitas layanan informasi ini, sehingga waktu operasi akan bertambah sesuai kebutuhan,” ujar Febri.

Dari penuturan Febri, sampai pukul 18.00 WIB di hari pertama, ada sekitar 41 penelpon dari Jabodetabek dan berbagai daerah yang menggunakan layanan tersebut.

“Di hari pertama, call center 198 telah dihubungi oleh 41 penelpon dari Jabodetabek dan berbagai daerah seperti : Karawang, Padang, Sulawesi Tenggara, Sulawesi tengah, Makassar, Cirebon, Balikpapan, dan Bandung,” papar Febri.

Untuk kategori permintan informasi terbanyak dari masyarakat dalam mengakses layanan call center, ditambahkan Febri, yakni pengaduan masyarakat, Humas, Gratifikasi dan LHKPN.

(Simarmata).

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top
%d blogger menyukai ini: