HMSTimes - What Happened Today? Ketua DPRD Natuna : Terapkan Peran aktif Pengawasan Ketenagakerjaan Terkait K3 Di Natuna. | HMSTIMES
You are here
Home > HMSNews > Berita > Ketua DPRD Natuna : Terapkan Peran aktif Pengawasan Ketenagakerjaan Terkait K3 Di Natuna.

Ketua DPRD Natuna : Terapkan Peran aktif Pengawasan Ketenagakerjaan Terkait K3 Di Natuna.

Ketua DPRD Natuna Yusripandi

HMSTimes.com, Natuna- Suatu proses pelaksanaan kegiatan proyek yang dilaksanakan oleh kontraktor terkait Pembangunan di suatu tempat merupakan kesiapan kontraktor dalam mempersiapkan segala hal. Termasuk bidang keselamatan dan kesehatan kerja (K3),Jelasnya ketua DPRD Natuna Yusripandi, Kamis sore (2/8/2018), ketika ditemui HMSTimes.com diruangan kantornya.

Yusripandi mengatakan untuk saat ini kita hanya menghimbau agar seluruh kontraktor yang melaksanakan kegiatan proyek di wilayah Kabupaten Natuna untuk memperhatikan hak pekerja yang berhubungan langsung dengan Keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Himbauan ini juga selaras berketerkaitan dengan amanat undang undang Ketenagakerjaan nomor 1 tahun 1970. atau aturan dan peraturan lainnya yang berlaku.

“Dalam teknis pelelangan proyek terkait tenaga ahli di semua bidang, yang termasuk juga tenaga ahli keselamatan dan kesehatan Kerja (K3) menjadi sebuah persyaratan yang dilampirkan bagi peserta lelang tender proyek. Pengertiannya efektifitas fungsi tenaga ahli K3 ataupun instansi terkait yang berhubungan dengan pengawasan Ketenagakerjaan harus benar benar diterapkan dan berjalan sebagaimana semestinya di Natuna. Serta betapa penting dan perlunya fungsi wadah berupa organisasi yang mengurus pekerja yang berperan dalam memfasilitasi antara pengusaha dan pekerja dalam sektor kemitraan yang objektif dan bermanfaat bagi kedua belah pihak.

Terkait Pemadam api yang sebagaimana termasuk perlengkapan keselamatan pekerja di gedung gedung pemerintahan dan ditempat tempat lainnya yang dianggap perlu,kedepannya nanti kita akan evaluasi secara bersama sama.” Saya sangat peduli akan hal ini dan penerapan peran aktif fungsi dan tugas tenaga ahli K3  dilapangan atau dilokasi pelaksanaan kegiatan proyek. Merupakan suatu keharusan dan wajib untuk diterapkan,sesuai aturan dan peraturan yang berlaku. Dan serta kesadaran para pekerja bahwa Utamakan keselamatan adalah merupakan sebuah kebutuhan.” Dengan demikian prinsip dari kesadaran para pekerja yaitu untuk melaksanakan himbauan dan arahan yang diperintahkan oleh pengawas K3 dilapangan,terkait untuk selalu pro aktif mempergunakan alat pelindung diri (APD) sebagaimana semestinya dengan baik,benar,Layak pakai,dan berkesesuaian atas alat pelindung diri yang di butuhkan saat bekerja.” Pungkasnya

(Lubis)

Editor : A.Z

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top
%d blogger menyukai ini: