HMSTimes - What Happened Today? Kepala Sekolah Jadi Tersangka Kasus Pungli PPDB Di SMPN 10 Batam. | HMSTIMES
You are here
Home > HMSNews > Kepala Sekolah Jadi Tersangka Kasus Pungli PPDB Di SMPN 10 Batam.

Kepala Sekolah Jadi Tersangka Kasus Pungli PPDB Di SMPN 10 Batam.

HMSTimes.com, Batam – Jajaran Satreskrim Polresta Barelang tergabung dalam Tim Saber Pungli berhasil mengamankan lima tersangka terkait dengan PPDB di SMPN 10 Sei Panas Kota Batam.

Kapolresta Barelang, Kombes Pol. Hengki, mengatakan, berdasarkan informasi dari masyarakat, akan ada transaksi pungli di tingkat SMP di Kota Batam.

“Setelah ada informasi dari masyarakat, Jajaran Satreskrim Polresta Barelang tergabung dalam Siber Pungli melakukan pendalaman kasus pungli di SMPN 10 Batam,” ujar Kapolresta Barelang, Kombes Pol. Hengki, Jum’at (20/7/2018).

Sabtu (14/7/2018) tim yang dipimpin langsung oleh Kasatreskrim Polresta Barelang bersama Jajarannya, melakukan lidik di TKP Perumahan Pondok Asri Blok D3 No.112 B, kecamatan Batam Kota.

“Korban sekaligus menjadi saksi menyerahkan uang kepada tersangka, supaya siswa tersebut diterima di SMPN 10 Sei Panas,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, pertama ada 1 tersangka, setelah dikembangkan bertambah 4 tersangka, jadi tersangka yang diamankan ada 5 tersangka.

“Kelima tersangka tersebut berinisial M, Rr, Br, Ay, Rh, mereka merupakan kepala sekolah, wakil kepala sekolah sebagai panitia PPDB, Ketua Komite, dan dua guru  Honorer, dan kelima tersangka tersebut sudah punya peran masing-masing,” ujar Hengki.

Kelima tersangka dijerat dengan UU nomor 20 tahun 2001 sebagaimana atas perubahan UU nomor 31 tahun 99 tentang pemberantasan tindak korupsi, Pasal 12 huruf e junto pasal 55 kUH Pidana dengan ancaman minimal 4 tahun maksimal 20 tahun penjara.

Barang bukti yang diamankan uang sebesar 274.330.000, dokumen terkait PPDB, HP, sebuah rekening serta hal lainnya.

“Tersangka meminta uang ke calon peserta dengan modus pembelian baju seragam melayu, olahraga, dan batik dengan indeks 640.000, siswa diminta rata-rata 2,5 juta persiswa,” ujarnya.

Kelima terrsangka dalam proses penahanan dan dilanjut untuk di sidik secara tuntas, tutup Hengki.

(Yuyun)

Editor : A.Z

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top
%d blogger menyukai ini: