HMSTimes - What Happened Today? Kapal Kandas di Hantam Gelombang Ekstrim | HMSTIMES
You are here
Home > HMSNews > Berita > Kapal Kandas di Hantam Gelombang Ekstrim

Kapal Kandas di Hantam Gelombang Ekstrim

HMSTimes.com, Batam – Kapal tug boat E 305 dengan gandengan tongkang BG ETI 3401 bermutan Batu Bara kandas di perairan Pacitan, Jumat (16/62917). Kapal tersebut tiba pukul 09.00 LT di PLTU Pacitan dan selesai drop anchor pukul 13.00 LT.

Karena kondisi laut yang beralun-alun di area anchorage PLTU, kurang satu jam setelah drop anchor (labu jangkar-red), tongkang sudah mencapai bibir pantai. Tug boat kembali menarik tongkang keluar sejauh setengah mil untuk berlabu kembali menghindari tongkang kandas dan kembali drop anchor.

Kapten kapal, Parlin Hasoloan, langsung informasikan ke Herman Chandra, pihak operasinal, bahwa kondisi perairan tempat berlabuhnya tongkang sangat ekstrim. Dan jangkar seling tongkang tidak cukup kuat menahan ombak yang ada area diperairan drop anchor”, jelas Parlin dalam berita acaranya.

Kapal kembali untuk ke dua kalinya hibob jangkar, pukul 15.00 LT. Dikarenakan tongkang sudah larat mendekati bibir pantai. Namun proses penghiboban jangkar yang terkendala perairan yang sangat ekstrim dari drop crew kapal ke tongkang sangat berhati-hati dan berbahaya  begi keselamatan crew.

Dan memasang tali 2nd towing sangat rumit, disebabkan hempasan gelombang dan alun perairan cukup memakan waktu yang cukup signifikasikan hamper dua jam sehingga tongkang sudah melintang bibir pantai. Setelah 2nd towing terpasang tug boat ETI 305 berusaha menarik tongkang semaksimal mungkin hingga pukul 18.00 LT

Akhirnya Kapten Parli Hasoloan memutuskan bahwa segala upaya yang dilakukan hasilnya nihil.

  sr

 

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top
%d blogger menyukai ini: