HMSTimes - What Happened Today? Inovasi Baru Pemberitahuan Paspor Selesai Dengan SMS gateway di Imigrasi Batam | HMSTIMES
You are here
Home > HMSNews > Berita > Inovasi Baru Pemberitahuan Paspor Selesai Dengan SMS gateway di Imigrasi Batam

Inovasi Baru Pemberitahuan Paspor Selesai Dengan SMS gateway di Imigrasi Batam

HMSTimes.com, Batam- Kepala Imigrasi Kelas I Khusus Batam, Lucky Agung Binarto menyatakan terus berupaya meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat, dengan berbagai inovasi.

“Kita berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, sejak saya memimpin Kantor imigrasi kelas 1 khusus Batam,” kata Lucky kepada HMSTimes.com saat dikonfirmasi, Kamis (13/9/2018).

Dia mengatakan dimulai dengan inovasi antrian paspor dengan WhatsApp, dibukanya ULP di Harbourbay, pelayanan paspor di Mall Pelayanan Publik , pelayanan paspor kolektif (jemput bola) dan saat ini pemberitahuan penyelesaian paspor dengan system sms gateawy, inovasi ini dibuat untuk memudahkan masyarakat mengetahui bahwa proses paspornya sudah selesai, sehingga masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor imigrasi untuk menanyakan apakah paspornya sudah selesai atau belum.

“Inovasi system SMS gateway ini dilatarbelakangi kepedulian kantor imigrasi sebagai jawaban keluhan masyarakat yang sudah jauh-jauh. Kekantor imigrasi ternyata paspornya belum selesai, dengan sms gateway masyarakat memperoleh kepastian penyelesaian paspornya ,” kata Lucky.

Menurutnya, dengan adanya inovasi terbaru ini bisa memuaskan masyarakat yang hendak mengurus paspor untuk keperluan ke luar negeri.

Sebenarnya untuk SMS penerimaan paspor tersebut sudah lama digagas oleh dirinya namun belum bisa di akomodasi dari pusat.

“Ini program sudah lama tetapi baru berjalan sehingga bisa memudahkan para masyarakat untuk mengambil paspornya, dengan membawa bukti pembayaran,” ujarnya.

Dalam kepastian pelayanan, kata Lucky, terhadap pemohon paspor di

Kelas I Khusus Batam,  pihaknya memberikan trobosan baru agar setelah proses pembayaran  pemohon sendiri bisa dengan gampang, (mudah)  mengetahui pengambilan paspornya melalui SMS. Sesuai dengan nomor  Handphone yang wajib diisi oleh pemohon paspor saat mengisi formulir permohonan paspor” tuturnya.

Ditambahkan, oleh Kepala Seksi (Kasi) perizinan Keimigrasian Kelas I khusus Batam, Hari Putra Wibowo bahwa dengan adanya program ini bisa memudahkan pemohon paspor mengetahui pada kesempatan pertama bahwa paspornya sudah selesai, kendati demikian pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Sesuai dengan kebijakan pimpinan yang berorientasi pada pelayanan prima kepada masyarakat.

“Bagi pemohon paspor diwajibkan mengisi no Handphone yang aktif yang digunakan sehari-hari, dalam hal tersebut, dengan tujuan masyarakat bisa langsung menerima sms pemberitahuannya, sedangkan untuk pengambilan paspornya, masyarakat cukup dengan membawa bukti pembayaran  paspornya ke Kantor Imigrasi,” ujar Hari.

(Rega)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top
%d blogger menyukai ini: