HMSTimes - What Happened Today? Inilah Penjelasan PGN Terkait Pengurangan Pasokan Gas, Yang Berimbas Akan Di Berlakukannya Pemadaman Listrik Oleh PLN Batam | HMSTIMES
You are here
Home > HMSNews > Berita > Inilah Penjelasan PGN Terkait Pengurangan Pasokan Gas, Yang Berimbas Akan Di Berlakukannya Pemadaman Listrik Oleh PLN Batam

Inilah Penjelasan PGN Terkait Pengurangan Pasokan Gas, Yang Berimbas Akan Di Berlakukannya Pemadaman Listrik Oleh PLN Batam

HMSTimes.com, Batam- Pengurangan pasokan gas ke Batam yang berimbas ke sektor industri di Batam yang membutuhkan pasokan gas, termasuk ke PLN yang rencananya akan memberlakukan pemadaman akibat penurunan pasokan gas.

Berikut penjelasan PT.Perusahaan Gas Negara (Persero) terkait akan berkurangnya pasokan gas ke Batam.

PT.Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) melalui anak usahanya PT.Transportasi Gas Indonesia (TGI) akan melakukan penguatan jaringan gas jalur Grissik-Singapura. Pekerjaan pipa Grissik ini akan mengakibatkan berkurangnya pasokan bagi pelanggan PGN di Batam.

“Pekerjaannya pada tanggal 4 dan 5 November. Tapi disiapkan dua hari sebelum dan dua hari setelah untuk masa pengkondisiannya,” kata Sales Area Head PGN Batam, Amin Hidayat di Batam Centre, Selasa (31/10).

Menurut Amin, pekerjaan dua hari tersebut dengan estimasi terburuk delay. Bila pengerjaannya optimal, kemungkinan bisa selesai dalam satu hari.

Adapun perkiraan penurunan pasokan di dua hari tersebut adalah 40-50 persen dari rata-rata harian. Sedangkan untuk masa pengkondisian, penurunan pasokan diestimasi sebesar 10-15 persen.

“40-50 persen itu untuk kondisi terburuknya. Masih bisa lebih kecil dari 40 persen, lebih besar dari 50 tidak mungkin. Rata-rata konsumsi gas kita 60-70 Billion British Thermal Unit per Day (BBTUD),” kata dia.

Amin mengatakan pengurangan pasokan ke pelanggan akan dilakukan secara proporsional. Termasuk ke PLN Batam yang akan diatur pada kondisi yang masih terjaga.

Ia menjelaskan penguatan jaringan ini diperlukan untuk mengantisipasi peningkatan konsumsi. Sehingga kehandalan pelayanan gas dari PGN tetap terjaga di masa depan.

Karena jumlah pelanggan PGN termasuk di Batam terus bertumbuh. Saat ini untuk wilayah Batam, PGN telah melayani 3.497 pelanggan rumah tangga, 53 pelanggan komersial, serta 43 pelanggan industri dan pembangkit listrik.(*)

A.Z

Editor : A.Z

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top
%d blogger menyukai ini: