HMSTimes - What Happened Today? Ini Sanksi Lalai Bayar THR | HMSTIMES
You are here
Home > HMSNews > Ini Sanksi Lalai Bayar THR

Ini Sanksi Lalai Bayar THR

HMSTimes.com, Batam – Pemerintah melakukan pengawasan terhadap pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) untuk keagamaan, dan beri sanki tegas terhadap perusahaan yang lalai bayar THR. Ini diatur Permenaker No.20/2016, tentang tentang tata cara pemberian sanksi administratif, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78/2015 tentang Pengupahan yang di dalamnya mengatur sanksi tegas bagi perusahaan yang lalai membayar THR.

“Pengusaha yang terlambat membayarkan THR akan dikenakan denda sebesar 5 persen dari total THR yang harus dibayarkan kepada pekerja/buruhnya untuk peningkatan kesejahteraan pekerja,“ kata Maruli A.Hasoloan, Dirjen Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (PP dan K3).

Pengenaan sanksi pembatasan kegiatan usaha mempertimbangan beberapa hal. Yakni sebab-sebab teguran tertulis tidak dilaksanakan oleh pengusaha dan mempertimbangkan kondisi finansial perusahaan yang terlihat dari laporan keuangan 2 tahun terakhir, serta diaudit oleh akuntan publik. “Sanksi pembatasan kegiatan usaha diberlakukan hingga pengusaha memenuhi kewajiban untuk membayar THR keagamaan,“ kata Maruli. ***

sr

Sumber Biro Humas Kemnaker dan Tim Komunikasi Pemerintah Kemkominfo

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top
%d blogger menyukai ini: