HMSTimes - What Happened Today? Industri Galangan Kapal Di Batam Mulai Bangkit Kembali | HMSTIMES
You are here
Home > HMSNews > Berita > Industri Galangan Kapal Di Batam Mulai Bangkit Kembali

Industri Galangan Kapal Di Batam Mulai Bangkit Kembali

HMSTimes.com, Batam-  Kota Batam yang merupakan salah kota industri terbesar di Indonesia, Bahkan di Asia Tenggara, terutama di bidang idustri pembuatan kapal / galangan kapal, beberapa tahun terakhir mengalami kemerosotan, sehingga banyak perusahaan yang tutup dan menyebabkan banyak terjadi PHK  yang menyebabkan salah satu tingkat pengangguran di kota Batam tinggi.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Setdako Batam, Ardiwinata, menyampaikan saat ini Industri galangan kapal meningkat signifikan di semester I 2017 dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Berdasarkan data realisasi investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) , industri alat angkutan dan transportasi lainnya naik dari Rp 9,8 miliar (satu perusahaan) menjadi Rp 199,05 miliar (tiga perusahaan). Industri pembuatan dan reparasi kapal, perahu, serta bangunan terapung lainnya ini menyerap hingga 1.026 tenaga kerja.

Industri alat angkutan dan transportasi lainnya ini juga memberi kontribusi terbesar pada realisasi investasi Kota Batam semester I 2017. Yakni 78,67 persen dari total realisasi investasi sebesar Rp 253,513 miliar.

Kondisi industri alat angkutan dan transportasi lainnya ini berbanding terbalik dengan industri logam dasar, barang logam, mesin, dan elektronik, serta industri hotel dan restoran.

Pada semester I 2016, realisasi industri logam dasar mencatat realisasi investasi sebesar Rp 81,129 miliar atau 40,08 persen total realisasi investasi. Sementara pada semester I 2017, turun menjadi Rp 7,1 miliar atau 2,81 persen dari total investasi. Meski dari jumlah proyek hanya berkurang dari enam menjadi lima.

Sedangkan hotel dan restoran pada semester I 2016 mencatat angka realisasi investasi senilai Rp 94,5 miliar atau 46,69 persen dari total investasi. Dan pada 2017, belum ada sama sekali.

“Secara umum, realisasi investasi PMDN Kota Batam semester I ini naik 25 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Semester I 2016 lalu, realisasi investasi PMDN yang tercatat di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu sebesar Rp 202,4 miliar,” jelas, Ardiwinata, Kamis (27/7).***

A.Z

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top
%d blogger menyukai ini: