HMSTimes - What Happened Today? Gedung Sumatera Promotion Akan Dijadikan Mall Pelayanan Pertama di Indonesia | HMSTIMES
You are here
Home > HMSNews > Berita > Gedung Sumatera Promotion Akan Dijadikan Mall Pelayanan Pertama di Indonesia

Gedung Sumatera Promotion Akan Dijadikan Mall Pelayanan Pertama di Indonesia

HMSTimes.com, Batam – Pemerintah Pusat melalui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPan-RB), akan menjadikan Gedung Sumatera Promotion Centre (SPC) menjadi mall pelayanan pertama di Indonesia. Gedung SPC yang beralamat di Batam Centre Kota Batam ini akan menjadi mall pelayanan pertama di Indonesia.

Dikatakan MenPAN-RB Asman Abnur, isi dari mall tersebut nantinya tidak hanya pelayanan dan perizinan yang diterbitkan Pemerintah Kota dan Badan Pengusahaan (BP) Batam. Tetapi juga akan ditempatkan instansi vertikal lainnya, seperti Kantor Kementerian Agama, Badan Pertanahan Nasional, Samsat dan Imigrasi.

Seperti pengurusan “SIUP TDP, KTP, Paspor, Surat nikah, Sertifikat lahan, Pajak, dan Semua perizinan ada di situ.Cukup datang pada satu gedung, dan urusannya selesai di Mall Pelayanan,” hal ini dikatakan Asman dalam kegiatan sosialisasi UU 30/2014 tentang Administrasi Pemerintahan di hariSenin (17/4-2017) acara ini diadakan di Kantor Wali kota Batam.

Saat ini kementerian sedang mendesain pola pengelolaannya. Akan ada satu institusi atau lembaga yang bertanggungjawab terhadap pengelolaan mall pelayanan ini.” Kita lagi bentuk kelembagaannya. Doakan tahun ini bisa jadi. Ini akan menjadi model, standar nasional. Tiap provinsi ditargetkan ada satu,” ujarnya.

Sementara itu, Wali kota Batam, Muhammad Rudi berharap gedung SPC bisa diserahkan menjadi aset Pemkot Batam. Agar Pemkot bisa menggelontorkan anggaran untuk pembenahan  gedung SPC.”Sumatera Promotion Centre itu aset bersama.

Dikatakan Rudi, di gedung SPC penanggungjawabnya masih dipegang pemerintah daerah Provinsi Riau, BP Batam, PemkoBatam, dan kami (Pemkot Batam) akan meminta MenPAN-RB menyurati Mendagri agar Provinsi Riau menyerahkan Aset Gedung SPC ke Pemkot Batam. BP Batam juga yang masih ikut andil dalam pengelolaan Gedung SPC akan meminta MenPAN-RB menyurati Menteri Keuangan (Menkeu) agar BP Batam juga mau menyerahkan Aset gedung SPC ke Pemkot Batam, karena kami yang diberi tugas untuk mengawasi dan mengelola Aset Gedung SPC

 Willy  Lubis

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top
%d blogger menyukai ini: