HMSTimes - What Happened Today? Doly Irawan : “Berantas Narkoba, Penegak Hukum Harus Memberikan Suri Tauladan” | HMSTIMES
You are here
Home > HMSNews > Doly Irawan : “Berantas Narkoba, Penegak Hukum Harus Memberikan Suri Tauladan”

Doly Irawan : “Berantas Narkoba, Penegak Hukum Harus Memberikan Suri Tauladan”

HMSTime.com, Ketapang-Peredaran Narkotika dan Obat-Obat Berbahaya (Narkoba) di Kabuptaen Ketapang Kalimantan Barat sudah sangat memprihatinkan. Tidak hanya di kota, narkoba juga telah menusuk jantung-jantung desa dan masuk ke sekolah-sekolah. Tak jarang terdengar, narkobapun menjadi hal biasa di kalangan pelajar.

Dari data yang terhimpun, tiap tahun ada puluhan kasuh narkoba ditangani oleh aparat hukum. Bahkan, kasus tersebut telah mendapat ponis oleh pengadilan dengan hukuman yang tidak ringan. Namun sayang, hukuman yang diberikan tidak membuat mereka jera. Ironinya tidak sedikit dari mereka yang di tanggkap merupakan penangkapan untuk  kesekian kalinya.

Aktivis Lembaga Peduli Korban Narkotika Dan Pencegahan (LPK NDP) Ketapang Doly Irawan mengatakan, Indonesia betul-betul sudah darurat narkoba. Puluhan bahkan ratusan ton berbagai jenis obat terlarang telah masuk di negeri ini. “Ini sangat berbahaya dan mengancam generasi muda,” katanya Minggu, (8/10)

Narkoba atau napza adalah benda senyawa yang memiliki resiko kencanduan bagi penggunanya. Benda haram ini sebenarnya dapat dipergunakan namun untuk dunia kesehatan. seperti untuk pembiusan pasien saat mau dioperasi dan bisa digunakan juga untuk obat penyakit tertentu.

“Hanya saja, obat terlarang tersebut digunakan tidak sebagaimana mestinya, sehingga berdampak buruk terhadap pengguna,” ujar Doly.

Banyak sekali dampak negativ dari narkoba. Diantaranya,  narkoba dapat menjadikan seseorang menjadi berhalusinasi dengan melihat suatu hal atau benda yang tidak ada. Narkoba bisa menekan system syaraf pusat dan mengurangi fungsional tubuh, sehingga pemakai bisa kehilangan kesadaran.

“Masih banyak lagi dampak buruk dari narkoba. Yang jelas, apabila pengguna telah merasakan narkoba, orang tersebut  akan sulit lepas dari ketergantungan,” ucapnya.

Untuk itu, melaui media ini Doly mengajak berbagai pihak, untuk secara bersama-sama mengatasi masalah narkoba. Lakukan sesuai kemampuan, dan mulailah dari lingkungan keluarga, dengan memberikan pengawasan dan penjelasan tentang dampak narkoba.

Khusunya aparat hukum, dia berharap dapat memberikan  suri tauladan kepada masyarakat.

“Jangan alasan menyelidiki aparat ikut mengedar. Jangankan mengedar, memakai saja siapa yang menjamin seseorang tidak ketergantungan,” Ingat Doly.

Tris

Editor : A.Z

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top
%d blogger menyukai ini: