HMSTimes - What Happened Today? Disnakertrans Dan SBPP Kabupaten Ketapang Himbau Pengusaha Bayar THR Sesuai Aturan | HMSTIMES
You are here
Home > HMSNews > Berita > Disnakertrans Dan SBPP Kabupaten Ketapang Himbau Pengusaha Bayar THR Sesuai Aturan

Disnakertrans Dan SBPP Kabupaten Ketapang Himbau Pengusaha Bayar THR Sesuai Aturan

HMSTimes.com, Ketapang -Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat Dersi menghimbau kepada pengusaha dan perusahaan di  wilayah kerjanya agar membayar atau memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada pekerja atau buruh paling lama H-7 Lebaran.

“Sesuai peraturan , THR adalah hak pekerja, sementara pengusaha atau perusahaan adalah pihak yang mempunyai kewajiban untuk membayar,” tegas Dersi di ruang kerjanya Senin, (21/5) pada media ini.

Pemberian THR keagamaan bagi pekerja atau buruh merupakan upaya untuk memenuhi kebutuhan mereka dan keluarganya dalam merayakan hari raya keagamaan. Untuk itu dijelaskan Dersi, berdasarkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor  6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan Bagi Pekerja atau Buruh di perusahaan, pemberian THR Keagamaan merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh pengusaha kepada pekerja atau buruh.

Dalam pembayaran THR  dikatakan, pengusaha atau perusahaan harus memperhatikan ketentuan seperti, Pekerja atau Buruh yang telah mempunyai masa dkerja 1 (satu) tahun secara terus menerus atau lebih harus diberikan 1 (satu) bulan upah. Sedangkan pekerja atau buruh  1 (satu) bulan secara terus menerus tetapi kurang dari 12 (dua belas) bulan, diberikan secara proporsional sesuai dengan perhitungan. Demikian juga dengan pekerja atau buruh yang berdasarkan perjanjian kerja harian lepas, pengusaha atau perusahaan haru s memberikan THR sesuai hitungan yang ada.

“Terkait dengan THR tahun  ini, Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia juga telah mengeluarkan surat edaran Nomor 2 Tahun 2018 tentang Pembayaran THR Keagaamaan. Maka dari itu, demi kebaikan bersama dalam waktu dekat ini kami  akan melakukan sosialisasi,” kata Dersi.

Di tempat terpisah, Serikat Buruh Patriot Pancasila (SBPP) Cabang Ketapang melalui Sekretarisnya Kartono mengatakan, mendukung penuh tentang rencana Disnakertran Ketapang melakukan sosialisasi tentang surat edaran Menteri Ketenagakerjaan RI tersebut. Sosialisasi itu perlu dilakukan agar pembayaran THR tepat waktu dan sesuai aturan.

Selain itu dia juga mengharapkan agar Dinas ini lebih terbuka untuk menerima  pekerja atau buruh, jika  pekerja atau buruh melaporkan perusahaan yang nakal yang tidak membayar THR sesuai ketentuan.

Kartono juga menjelaskan, untuk kelancaran pemberian THR, SBPP Cabang Ketapang juga akan melayangkan surat terhadap perusahan di mana perusahaan tersebut dianggap telah memiliki  anggota atau kepengurusan  SBPP.  Surat tersebut diakuinya bukan sebagai interpensi namun semata untuk saling mengingatkan.

“Melalui surat tersebut  kita akan menghimbau dan mengingatkan agar perusahaan dalam memberikan THR kepada pekerja/ buruh harus sesuai aturan yang ada. Lancar THR, maka pekerja/buruh terbantu, Perusahaan jaya,” ungkapnya.

Tris

Editor : A.Z

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top
%d blogger menyukai ini: