HMSTimes - What Happened Today? Disdik Kota Batam Membuat Aplikasi pendaftaran Siswa Berbasis Online | HMSTIMES
You are here
Home > HMSNews > Berita > Disdik Kota Batam Membuat Aplikasi pendaftaran Siswa Berbasis Online

Disdik Kota Batam Membuat Aplikasi pendaftaran Siswa Berbasis Online

 

 

HMSTimes.com, Batam- Menyikapi keresahan masyarakat Batam disaat menjelang tahun ajaran baru, banyak orang tua murid yang berbondong-bondong mendatangi sekolah hanya untuk memastikan anaknya diterima, dan yang lebih meresahkan lagi para orang tua  murid sejak subuh sudah berada disekolah. Atas dasar itu Dinas Pendidikan Kota Batam siapkan aplikasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online atau dalam jaringan. Aplikasi yang dapat diunduh di telepon pintar ini diharapkan mempermudah orangtua dalam pendaftaran anaknya ke sekolah.

“Sekarang enggak usah lagi begitu shalat subuh langsung ke sekolah. Mau ke sekolah mana mereka, tinggal pilih. Bisa pilih tiga sekolah,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin di Batam Centre, Selasa (23/5).

Pada aplikasi PPDB online ini nantinya tidak hanya ada pilihan sekolah negeri. Tapi beberapa sekolah swasta juga akan masuk dalam daftar yang bisa dipilih calon siswa. Aplikasi yang disiapkan Disdik Batam ini berlaku untuk pendaftaran tingkat SD dan SMP.

“Kita mulai dari sekolah unggulan dulu, 5 Juni. Untuk yang reguler, pendaftaran dibuka seminggu setelah lebaran. Pengumumannya juga lewat apllikasi, supaya tidak ribet,” kata dia.

Ada tiga sekolah unggulan yang akan membuka pendaftaran lebih dulu, yakni SMPN 3, SMPN 6, dan SMPN 26. Pendaftaran ke sekolah unggulan ini mengacu pada nilai rapor, nilai UN dan USBN. Rata-rata nilainya minimal 8.

Tiap kelas di sekolah unggulan ini akan dibatasi maksimal 32 siswa. Sementara untuk sekolah reguler tiap kelas paling banyak diisi 40 peserta didik.

Untuk mendukung pelaksanaan PPDB online ini, Disdik telah melatih petugas operator tiap sekolah. Pada pelatihan tersebut Disdik juga mengundang 50 sekolah swasta. Tapi Muslim belum bisa memastikan apakah seluruh sekolah swasta tersebut nantinya akan ikut partisipasi dalam aplikasi ini. Diharapkan dengan Aplikasi ini akan membantu para calon siswa untuk mendaftarkan diri ke sekolah yang di tuju tanpa harus datang kesekolah tersebut apa lagi subuh.

A.Zagoto

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top
%d blogger menyukai ini: