HMSTimes - What Happened Today? Dandim 0318/Natuna Bersama FKS Gelar Jumat Bersih,Wujudkan Natuna Bebas Sampah | HMSTIMES
You are here
Home > HMSNews > Berita > Dandim 0318/Natuna Bersama FKS Gelar Jumat Bersih,Wujudkan Natuna Bebas Sampah

Dandim 0318/Natuna Bersama FKS Gelar Jumat Bersih,Wujudkan Natuna Bebas Sampah

HMSTimes.com, Natuna- Mewujudkan Natuna bebas sampah, Dandim Natuna Letkol INF Yusuf Rizal S.sos,  bersama Forum Kabupaten Sehat (FKS,)melakukan jumat bersih, dengan ratusan masyarakat di tiga lokasi berbeda.

Pelaksanaan Jumat bersih dilaksanakan serentak diseluruh jajaran Korem  033/WP. ucap Dandim memulai sambutannya.

Belakangan ini , sampah  plastik , merupakan musuh bagi Kita. Tanpa di sadari membuang sampah secara sembarangan baik dilaut maupun didarat, dapat  merusak biodata dan ekosistim laut.

Kita sama sama menyaksikan pemutaran Filim dokumenter saat kunjungan Dubes AS di SMA 1.Dalam prakteknya ilmuan As telah meneliti tentang bahaya plastik, tercemar dilaut, dan berubah jadi bakteri plantin,seterusnya dimakan ikan besar.Kemudian ikan itu Kita konsumsi.

Dari penelitian baru baru ini, ikan Kita sudah sudah mulai tercemar, akibat pembuangan sampah secara sembarangan kedalam laut. Natuna merupakan daerah pesisir ,yang rumahnya banyak diatas air .

Untuk itu Kami menghimbau, agar membuang sampah pada tempatnya. Buatlah lubang atau tempat sampah, sehingga  peugas kebersihan ,dapat  mengambil sampah pada tempatnya. Yusuf Rizal juga mengajak Masyarakat agar budayakan Hidup bersih , sehat dan  tertib. Dengan demikian pertumbuhan ikan semakin berkembang, karena tidak tercemar, keuntungannya buat nelayan , ucap Dandim Perbatasan itu.

Besar harapan Kami, dengan adanya program Jumat  bersih ini, dapat menumbuhkan minat masyarakat, agar peduli atas lingkungan disekitarnya.

Mari Kita wujudkan Natuna Bersih, Indah dan Natuna Sehaat, sebagai Kota wisata.Keindahan alam Natuna telah diakui oleh dunia, janganlah Kita kotori ,alam Natuna , dengan sampah, pintanya.

Jumat bersih ,Kita sejalanian dengan hari pahlawan, dan revolusi mental, dalam mewujudkan Indonesia bebas sampah .

Ada 3 titik jadi sasaran giat ini, Pantai Kencana, Pasar Tradisional Ranai, dan Kampung Apung Penangih . Sementara jumlah peserta sebanyak 515 orang, dari 900 undangan,tutupnya.

Sementara itu Ketua Umum

FKS,(Forum Kabupaten Sehat) Nurhayati Hamid Rizal ,saat ditemui disela sela kegiatan mengatakan, kegiatan ini, bekerja sama dengan Kodim Natuna.

Sejak terbentuk tahun 2017 lalu, program ini telah dilaksanakan hingga ke desa desa. Kita bentuk pengurus  dan minta Camat dan kades agar selalu melakukan Jumat  bersih setiap minggunya.Ia juga tidak menampik jika kegiatan ini merupakan sosial, tidak ada dananya,

FKS,akan melakukan  penilaian desa terbersih,  mulai 2019 mendatang .sistim penilaian dengan cara  padapah .Ada 7 desa jadi pilot projek .

Intinya, jika ingin mewujudkan Natuna bersih, Pemerintah harus mengeluarkan perda sampah, dan   lokasi  tempat  pemotongan ayam.

Sekarang ini, jumlah pemotongan  ayam tumbuh subur, dan berada di tepi jalan.  Ini dapat mengurangi keindahan kota Natuna.

Saat ini Kami sudah melakukan penjajakan agar pemotongan  ayam  tidak dilakukan. Ditepi jalan, Mudah mudahan masyarakat dapat mengerti akan pentingnya hidup sehat.

Apalagi dipasarkan Ranai, limbah bulu dan perut ayam kadang dibuang langsung kelaut, sehingga menimbulkan bau .(**)

(Lubis)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top
%d blogger menyukai ini: