HMSTimes - What Happened Today? Cegah Kartel Di Kepri Satgas Siap Beraksi | HMSTIMES
You are here
Home > HMSNews > Berita > Cegah Kartel Di Kepri Satgas Siap Beraksi

Cegah Kartel Di Kepri Satgas Siap Beraksi

HMSTimes.com, Batam- Keseriusan Pemerintah dan aparat kepolisian dalam mengawal ketersediaan bahan pangan di Kepri, Satuan Tugas (Satgas) Pangan Kepulauan Riau akan awasi kartel produk pangan di provinsi Kepri. Satgas ini dipimpin oleh Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dir Reskrimsus) Polda Kepri, dengan anggota perwakilan dari Dinas Perindustrian Perdagangan, Dinas Ketahanan Pangan, Bulog, dan Komisi Pengawas Persaingan Usaha.

Kepala Kepolisian Daerah Kepri, Irjen Sam Budigusdian mengatakan sejauh ini memang belum ditemukan kartel di Batam atau Kepri. Tapi Satgas tetap akan terus bergerak untuk pemantauan.

“Di sini belum ada, tetapi bukan berarti tidak ada. Jadi lebih banyak ke pencegahan,” kata Kapolda di Sekupang, Jumat (5/5).

Ia mengatakan sistem kerja Satgas ini sama seperti Satgas yang dibentuk Kepolisian Republik Indonesia. Sebelumnya Satgas Polri sudah pernah menindak kartel cabe merah dan daging.

Menurut Sam, target operasi dari Satgas ini adalah level distributor dan penyedia bahan kebutuhan pangan. Tujuannya adalah menjaga stabilitas harga pangan dan untuk lakukan penindakan terhadap kartel.

“Pemerintah sudah siapkan stok pangan yang cukup. Tidak ada alasan lagi ada kegiatan yang dilakukan para spekulan untuk penimbunan,” ujarnya.

Sam mengatakan dengan adanya Satgas ini diharapkan komoditas bahan pangan tersedia di pasar. Dan masyarakat dapat membeli bahan kebutuhan pokok ini dengan harga terjangkau.

“Khususnya kita menjaga ketersediaan jelang Ramadhan, selama Ramadhan, hingga lebaran. Yang penting tersedia dan terjangkau oleh masyarakat,” kata dia.

Sejalan dengan Satgas tersebut Kementerian perdagangan juga telah mengeluarkan kebijakan untuk menetapkan harga eceran tinggi  (HET ) untuk tiga jenis bahan pangan, ini juga diperuntukan agar tidak ada spekulan harga apa lagi menjelang bulan Ramadhan.

A.Zagoto

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top
%d blogger menyukai ini: