HMSTimes - What Happened Today? Bupati Secara Resmi Membuka Uji Kopentensi Wartawan Di Natuna | HMSTIMES
You are here
Home > HMSNews > Berita > Bupati Secara Resmi Membuka Uji Kopentensi Wartawan Di Natuna

Bupati Secara Resmi Membuka Uji Kopentensi Wartawan Di Natuna

HMSTimes.com, Natuna- Beberapa wartawan yang bertugas di wilayah Natuna tergabung di organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI),perwakilan Natuna dan DPC AJOI Natuna mengikuti UKW tersebut.  Tim pengujian dari UPN Veteran Yogyakarta. Adapun tingkatan kompetensi di ikuti yaitu tingkat Muda,Madya dan utama.

Dari rangkaian uji kompetensi wartawan yang akan berlangsung,Bupati Natuna Drs H.Abdul Hamid Rizal,M. Si,secara resmi membuka kegiatan tersebut. Dalam kegiatan pembukaan tersebut diselenggarakan dirumah makan sisi Basisir,(13/10/2018), jln Datok kaya moh Benteng,Kecamatan Bunguran Timur.

Dihadiri Bupati Natuna Drs.H.Abdul Hamid Rizal,Ketua DPRD Natuna Yusripandi,Sekda Natuna Wan Siswandi,S.Sos. Tim Penguji dari UPN Veteran Yogyakarta,Agung Prabowo beserta rombongan,FKPD,OPD, Mantan wakil bupati Natuna Ilyas Sabli dan tokoh masyarakat Lembaga Adat Melayu Wan Zawali,Ketua DPC AJOI Natuna Roy Parlin Sianipar,Wakil sekretaris DPC AJOI Natuna Rozali,Ketua bidang organisasi,Kaderisasi DPC AJOI  Natuna, Abdullah Lubis,dan serta tamu undangan lainnya yang menghadiri.

Pada kesempatan kata sambutannya Bupati Natuna mengatakan, bahwasanya uji kompetensi wartawan yang akan berlangsung di Kabupaten Natuna adalah merupakan yang termasuk salah satu program mencerdaskan generasi bangsa. Tentunya wadah ini dapat menciptakan Jurnalistik yang profesional dan profesi wartawan berjalan dengan baik sebagaimana semestinya. ” Selaras tema yang diusung, Wartawan profesional dan kompeten melahirkan karya jurnalis yang berkualitas.” Katanya

Bupati Natuna juga berharap kepada seluruh wartawan yang mengikuti UKW semoga lulus dengan hasil yang baik. Dan kepada seluruh wartawan yang bertugas diwilayah Kabupaten Natuna,agar selalu senantiasa bersinergi dengan baik. Merupakan mitra Pemkab Natuna dalam melaksanakan tugas dan fungsi menyampaikan informasi yang faktual dan berimbang seiring pembangunan Natuna,berdasarkan kode etik Jurnalistik. ” Transparansi Publik”.  Sehingga informasi yang disampaikan bermanfaat bagi semua pihak. ” Pungkasnya

Tim penguji, dari Universitas Veteran Yogyakarta, Agung Prabowo Msi.dalam sambutannya mengatakan, Kami merasa terhormat akan sambutan para pejabat di Natuna. Tidak mengira sambutan nya semeriah ini.

Kami merupakan Jurusan dari Tim telekomunikasi, pada saat itu dilakukan untuk mendidik wartawan. Dulunya tim ini, merupakan mantan wartawan. Dengan adanya keinginan bersama untuk meningkatkan mutu wartawan, tahun 2013 mengajukan kepada Dewan Pers agar bisa menjadi tim penguji UKW , ucapnya.

Kenapa wartawan harus disertifikasi, karena semua profesi harus disertifikasi,

Oleh Dewan Pers. Media juga harus di data. Gunanya untuk pertanggung jawaban media itu sendiri. Apalagi zaman teknologi sekarang ini. Hampir setiap orang bisa buat media dan jadi wartawan. Oleh sebab itu dilakukan verifikasi.  Bertujuan untuk menganulir sengketa terhadap Media. Agar dipahami, sengketa media dibawah UU pers no 40 tahun 1999.Bukan UU KUHP. Meski demikian jika terjadi sengketa, Wartawan wajib menaikkan hak jawab, agar berimbang.

Untuk dipahami, Media yang belum terperifikasi, Dewan Pers tidak bisa menjangkau. Sebaliknya, Media terperifikasi, wajib dilindungi Dewan Pers, Meskipun Wartawannya belum terverifikasi. Jika wartawan sudah terverifikasi, namun media belum, Dewan Pers tidak bisa juga menjangkaunya. Okeh sebab itu bagi wartawan yang mau melepas berita, diharapkan datanya sudah Valid , dan benar.ucapnya

(Lubis)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top
%d blogger menyukai ini: