HMSTimes - What Happened Today? BPK RI : BP Batam Terima Piagam Opini WTP Untuk Menjaga Komitmen | HMSTIMES
You are here
Home > HMSNews > BPK RI : BP Batam Terima Piagam Opini WTP Untuk Menjaga Komitmen

BPK RI : BP Batam Terima Piagam Opini WTP Untuk Menjaga Komitmen

HMSTimes.com,Batam– Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) beri piagam penghargaan kepada Badan Pengusahaan (BP) Batam. Piagam penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diterima BP Batam untuk pertama kalinya, untuk laporan keuangan tahun 2016.

Piagam penghargaan diserahkan langsung oleh Isma Yatun dan Anggota 5 BPK RI digedung BPK RI, Jakarta, dalam penyampaian laporan keuangan BP Batam tahun 2016, Senin(29/5/2017), kepada kepala BP Batam, Hatanto Reksodipoetro. Penyerahaan ini turut disaksikan Menteri Dalam Negeri, Tjahto Kumolo dan Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin.

Kepala BP Batam, Hatanto mengucapkan syukur atas piagam penghargaan Opini WTP. ‚ÄĚRasa syukur kami ucapkan, penghargaan ini adalah wujud komitmen kuat dari seluruh jajaran lingkungan BP Batam dalam membangun transparansi dan akuntabilitas kinerja,” Kata Hatanto.

Opini WTP merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran informasi dalam laporan keuangan pelaksanaan APBN dengan didasarkan pada empat kriteria. Yakni kesesuaian standar akuntansi pemerintah, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang – undangan, dan efektivitas sistem pengendalian internal.

“Capaian ini karena kami telah melakukan perubahan sistem manajemen keuangan yang semakin baik salah satuya dengan menerapkan e-rekonsiliasi membuat single database,” tutur Hatanto.

Sementara itu, Anggota 5 BPK RI, Isma Yatun menilai penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi pemerintah kepada Kementerian dan Lembaga (K/L) setingkat yang mampu menyajikan laporan keuangan dengan baik. Laporan keuangan menekankan bagaimana menggunakan uang, mengelola aset, mencatat pengeluaran, penerimaan, kekayaan, dan kewajiban suatu instansi.

BPK RI mengharapkan kepada K/L khususnya kepada BP Batam yang telah menerima Opini WTP untuk menjaga komitmen dalam membangun aparatur yang berkualitas dengan dukungan menajemen keuangan serta penjaminan mutu yang dilakukan pengawasan internal .

Berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap 87 laporan keuangan kementerian/lembaga (LKKL) dan satu laporan keuangan bendahara umum negara (LK BUN) diperoleh 74 LKKL-LKBUN atau 84% mendapat opini WTP termasuk BP Batam. Sedangkan yang mendapat Wajar Dengan Pengecualian (WDP) sebanyak 8 LKKL atau 9%, yaitu pada Kemenhan, Kemen LHK, Kementerian Perempuan dan Perlindungan Anak, BKKBN, KPU, Badan Informasi Geopasial, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, dan LPP RRI. Sedangkan yang Tidak Menyatakan Pendapat sebanyak 6% LKKL atau 7%, yaitu pada Kementerian KKP, Komnasham, Kemenpora, LPP TVRI, Bakala, dan Badan Ekonomi Kreatif.***

sr

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top
%d blogger menyukai ini: