HMSTimes - What Happened Today? Benarkah BP Batam Dan Pemko Batam Beri Izin Penimbunan Bakau ? | HMSTIMES
You are here
Home > HMSNews > Berita > Benarkah BP Batam Dan Pemko Batam Beri Izin Penimbunan Bakau ?

Benarkah BP Batam Dan Pemko Batam Beri Izin Penimbunan Bakau ?

HMSTimes.com, Batam – Hutan mangrove adalah ekosistem hutan daerah pantai yang terdiri dari kelompok pepohonan yang bisa hidup dalam lingkungan berkadar garam tinggi. Salah satu ciri tanaman mangrove memiliki akar yang menyembul ke permukaan. Penampakan mangrove seperti hamparan semak belukar yang memisahkan daratan dengan laut. Hutan mangrove jenis tumbuhan berkayu yang tumbuh disepanjang garis pantai tropis dan subtropis yang terlindung dan memiliki semacam bentuk lahan pantai dengan tipe tanah anaerob.

Hutan mangrove memiliki peran ekologis yang besar bagi kehidupan manusia. Telah berabad-abad lamanya dijadikan tumpuan jutaan orang yang hidup di pesisir. Hutan ini memiliki banyak fungsi mulai dari penyedia sumber makanan, bahan baku industri, mencegah banjir, mencegah erosi, hingga fungsi rekreasi.

Beberapa UU terkait hutan mangrove adalah UU No 41/1999 tentang Kehutanan, UU No 26/2007 tentang Penataan Ruang, UU No 27/2007 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil, dan UU No 32/2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Sementara dikawsan Kecamatan Sagulung Kota Batam marak penimbunan hutan mangrove atau lebih dikenal bakau. Dari hasil pantauan HMSTimes.com dilokasi, tanah bukit dikikis lalu ditimbun ke bakau dengan menggunakan alat berat dan mobil dump truck.

Salah satu pelaku penimbunan bakau saat dikonfirmasi melalui selulernya mengatakan bahwa aktifitas penimbunan bakau mendapatkan izin dari pihak pemerintah.

“ Kita semua ada izin, baik dari BP Batam, Pemko Batam dan kita punya Amdal, apakah ada masalah”, terang Wandi, humas salah satu pengembang yang melakukan penimbunan bakau kepada HMSTimes.com beberapa waktu yang lalu.

sr

Editor : A.Z

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top
%d blogger menyukai ini: