HMSTimes - What Happened Today? Bangunan IPLT Di Sebayar Selesai Dibangun, 1 Tahun Belum Beroperasi | HMSTIMES
You are here
Home > HMSNews > Berita > Bangunan IPLT Di Sebayar Selesai Dibangun, 1 Tahun Belum Beroperasi

Bangunan IPLT Di Sebayar Selesai Dibangun, 1 Tahun Belum Beroperasi

HMSTimes.com,Natuna-Instalasi pengolahan limbah tinja (IPLT),bersebelahan dengan tempat pembuangan akhir (TPA) Sebayar tampak kurang terawat dan diduga tidak pernah ada dilakukan perawatan terkait Aset negara ini. Ketika dipantau awak media HMSTimes.com. Pasalnya bangunan yang terdiri dari beberapa kolam bak ini sebagian atapnya rusak dan lepas dari rangka pengatapan.

Terkait hal itu, Kepala Seksi Air Minum dan Sanitasi, Suratmojo ST saat ditemui diruang kerjanya,(2/3/2018),mengakui bahwa bangunan yang ada di Sebayar,bersebelahan dengan tempat pembuangan akhir (TPA) itu adalah Instalasi Pengolahan Limbah Tinja (IPLT). Tahun 2016 dibangun dengan anggaran APBN melalui Satker Penyehatan Lingkungan Pemukiman (PLP) Provinsi Kepulauan Riau.” Katanya

Masih menurut penjelasan suratmojo, setelah setahun berlalu begitu saja karena dengan alasan tahun 2017 dalam tahap kajian akademik, tahun ini Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Kabupaten Natuna akan mengadakan satu unit mobil tinja untuk menunjang kegiatan dari IPLT.“ Tahun 2016 IPLT yang ada di Sebayar dibangun, tahun 2017 proses kajian akademik pendampingan Satker Penyehatan Lingkungan Pemukiman (PLP) Provinsi. Tahun ini akan dilakukan pengadaan mobil tinja.” Jelas suratmojo kepada awak media HMSTimes.com (2/3/2018) .

Jojo mengatakan, karena tahun kemarin dalam tahap proses maka tahun inilah IPLT layak untuk dioperasikan. Saat ini status IPLT belum dihibahkan ke daerah, karena belum serahterima, makanya serah kelola (pinjam pakai). Hal ini bisa dilakukan dan tidak menjadi persoalan karena waktu pengurusan hibah membutuhkan proses yang panjang.“ ini program pusat melalui kementerian pada satker yang ada di provinsi. Jadi standarnya sama dengan daerah lain diseluruh NKRI. Untuk anggarannya Pembangunan IPLT di Sebayar saya tidak tahu nominal pastinya. Terkait dokumentasi proyek Nanti akan saya cari informasinya beserta dokumennya.” Saya yakin pembangunannya sudah sesuai dengan spesifikasi teknis pekerjaan.” ucapnya.

Ketika dipertanyakan awak media HMSTimes.com terkait hasil pantauan dilokasi,(1/3/2018) terkait anggaran apakah sudah termasuk seluruh instrument alat pendukung pengolahan limbah tinja tersebut sudah sesuai spek. Karena dari pantauan dilokasi hanya bangunan yang tidak berpagar dan sebuah travo listrik tenaga surya didalam sebuah bangunan seperti rumah yang tidak terawat. Jojo mengatakan tidak tahu terkait hal itu,kita tidak ada speknya,bapak langsung aja hubungi Satker PLP Propinsi Kepri. Nama beserta Nomor yang diberikan oleh Suratmojo untuk di konfirmasi awak media HMSTimes.com,hingga berita ini ditulis tidak memberikan respon,nomor tidak aktif.
(Lubis).

Editior A.Z

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top
%d blogger menyukai ini: