HMSTimes - What Happened Today? Atasi Banjir, Pemko Akan membuka Drainase Selebar 50 Meter | HMSTIMES
You are here
Home > HMSNews > Berita > Atasi Banjir, Pemko Akan membuka Drainase Selebar 50 Meter

Atasi Banjir, Pemko Akan membuka Drainase Selebar 50 Meter

HMSTimes.com, Batam- Masalah banjir yang masih sering menghantui warga kota Batam, membuat pemerintah kota Batam untuk bekerja keras mencari solusinya. Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) Kota Batam akan membuka drainase di Tanjungpiayu guna atasi banjir di kawasan Sei Beduk.

Kepala Dinas BMSDA, Yumasnur mengatakan rencana drainase yang akan di buka lebarnya mencapai 50 meter di bagian hilir yang mengarah ke laut.

“Selama ini drainasenya drainase alami, drainase kecil. Kita ingin memperbesar. Ada lokasi yang diperlebar, ada yang memang harus buka baru untuk memudahkan aliran ke hilir,” kata Yumasnur di Batam Centre, Kamis (31/8).

Saat ini timnya sedang memasang patok di lahan pelebaran drainase. Langkah selanjutnya adalah sosialisasi oleh pihak Kecamatan Sei Beduk. Melalui sosialisasi akan disampaikan kepada masyarakat pemilik bangunan agar menggeser bangunannya dari jalur drainase.

“Sekarang sedang diukur, banyak perumahan ilegal. Kita harap masyarakat bergeser. Tahun ini dikerjakannya,” kata dia.

Normalisasi drainase juga dilakukan dari bagian hulu, tepatnya wilayah Duriangkang. Sehari sebelumnya, Dinas BMSDA bersama Wakil Walikota Batam meninjau lokasi drainase yang dinormalisasi.

Berdasarkan hasil peninjauan ditemukan beberapa kendala seperti rumah warga yang berdiri di bantaran drainase. Keberadaan bangunan di kiri-kanan drainase ini menghambat pengerjaan normalisasi.

“Dinas Bina Marga cukup kesulitan untuk mengeruk dan memasukkan alat berat,” kata Amsakar.***

A.Z

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top
%d blogger menyukai ini: