HMSTimes - What Happened Today? Vaksin Campak dan Rubella Menjadi Momok Bagi Warga Pulau Abang Akibat Berita Hoaks | HMSTIMES
You are here
Home > HMSHealth > Berita Sehat > Vaksin Campak dan Rubella Menjadi Momok Bagi Warga Pulau Abang Akibat Berita Hoaks

Vaksin Campak dan Rubella Menjadi Momok Bagi Warga Pulau Abang Akibat Berita Hoaks

dr.Silvi Yuliana

HMSTimes.com, Pulau Abang- Polemik pro dan kontra vaksinasi campak dan Rubela yang selama ini beredar dimasyarakat melalui media sosial, menjadi momok bagi masyarakat untuk mevaksinasi anak-anak mereka agar terhindar dari kelumpuhan, cacat seumur hidup, buta, bahkan kematian.

Seperti halnya di pulau Abang kecamatan Galang Kota Batam, dampak pengaruh berita hoak tentang bahaya vaksinasi campak dan rubella membuat warga setempat enggan mengizinkan anak mereka untuk divaksinasi.

Raja Moh. Sabri, Kepala sekolah SD Negeri 20 dan SMP Negeri 24 satu atap kelurahan pulau Abang mengatakan bahwa vaksinasi Rubella sudah dilaksanakan disekolah yang dipimpin oleh petugas puskesmas, namun antusis masyarakat sangat kurang .

” Vaksin Rubella itu sudah kita lakukan beberapa minggu lalu disekolah kita, namun antusias masyarakat kurang, kenapa demikian ? saya menganalisa akibat gencarnya informasi miring, itu yang membuat masyarakat agak bingung dan ada rasa takut”. kata  kepala sekolah kepada wartawan yang tergabung dalam wartawan pulau, selasa (28/8/2018).

Lanjut Sabri, kekhawatiran masyarakat itu terbukti ketika vaksinasi Rubella di laksanakan di sekolahnya, dimana dari jumlah siswa SD 126 orang, yang ikut vaksinasi cuma 29 orang, sementara siswa SMP dari 75 orang yang ikut vaksinasi hanya 20an orang. Padahal jauh sebelum vaksinasi itu diadakan, pihak sekolah dan puskesmas sudah mensosialisasikan kepada masyarakat, terang Sabri.

Dua siswa yang dimintai keterangan yang ikut divaksin yaitu Nia Rahmadani (siswi SMP Kelas VIII) dan Dandi (siswa SD kelas VI ) mengatakan bahwa mereka sudah divaksin namun merka baik-baik saja, dan tidak terbukti apa yang menjadi ketakutan warga selama ini seperti yang digembar gemborkan di media sosial.

dr, Silvi Yuliana yang bertugas di Puskesmas Galang menyampaikan bahwa vaksinasi campak dan Rubella di pulau Abang sudah dilaksanakan pada tanggal  10 agustus 2018 yang lalu, di SD dan SMP, capaiannya SD 24 % dan SMP 12 %, tapi nanti akan diswipping lagi untuk dilakukan vaksinasi pada bulan september 2018, termasuk bayi, katanya kepada  wartawan.

(A.Z)

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top
%d blogger menyukai ini: