HMSTimes - What Happened Today? Dinkes Tetap Jalankan Program Imunisasi Campak Rubella MR | HMSTIMES
You are here
Home > HMSHealth > Berita Sehat > Dinkes Tetap Jalankan Program Imunisasi Campak Rubella MR

Dinkes Tetap Jalankan Program Imunisasi Campak Rubella MR

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi

HMSTimes.com, Batam-Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam Didi Kusmarjadi mengatakan akan melanjutkan vaksin imunisasi campak rubella (MR) ke seluruh SDN di Batam walaupun Majelis Ulama Islam (MUI) Batam menghimbau dilakukan penundaan karena belum memiliki sertifikat halal.

” Kita tetap lanjutkan imunisasi, bagi yang mau saja tidak ada dipaksa, kalau ada yang tidak mau tidak kita paksa, siapa yang mau sehat saja,” kata Didi Kusmarjadi melalui pesan singkat Kamis (9/8/2018).

Dia mengatakan vaksin imun campak rubella merupakan program dari pemerintah pusat dan harus dijalankan, apabila ada pihak yang melarang dengan berbagai alasan maka tidak serta merta harus dibatalkan. Terkecuali instruksi tersebut disampaikan oleh Presiden melalui Mentri Kesehatan (Menkes).

“MUI kan bukan pemerintah, kita ikut Presiden dan Menkes. Pemerintah sih, mana ada yang mau mencelakakan rakyatnya,” ujar Didi.

Dirinya mengaku hanya menjalankan kebijakan dari Surat Edaran (SE) Nomor HK.02.01/Menkes/444/2018 tentang pelaksanaan kampanye imunisasi measles rubella fase 2 dalam rangka komitmen untuk mencapai eleminasi campak dan pengendalian rubella pada tahun 2020, dan meningkatkan kekebalan masyarakat terhadap penularan campak dan rubella yang dapat menyebabkan kecacatan dan kematian.

“Kita ikut surat edaran dr kementerian kesehatan,” tutupnya.

(Rega)

Editor : A.Z

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top
%d blogger menyukai ini: