HMSTimes - What Happened Today? Peran Koperasi Sebagai Lembaga Pembiayaan Formal Bagi Usaha Mikro Sangat penting, ini penjelasan Deputi Kementerian | HMSTIMES
You are here
Home > HMSFinance > Finansial > Peran Koperasi Sebagai Lembaga Pembiayaan Formal Bagi Usaha Mikro Sangat penting, ini penjelasan Deputi Kementerian

Peran Koperasi Sebagai Lembaga Pembiayaan Formal Bagi Usaha Mikro Sangat penting, ini penjelasan Deputi Kementerian

HMSTimes.com, Batam-Kementerian Koperasi dan Usah Kecil dan Menengah Republik Indonesia terus berupaya meningkatkan ekonomi melalui Koperasi Simpan Pinjam (KSP) dan memberdayakan koperasi di Tanah Air.

Koperasi Simpan Pinjam (KSP) sangat perlu bagi masyarakat dan memberdayakan koperasi di Tanah Air. “Karena itu Kemenkop juga gencar melakukan sosialisasi serupa di berbagai daerah,” kata Deputi Bidang Pembiayaan Ir. Yuana Setyowati, MM  kepada wartawan usai

acara Penguatan Peran Koperasi Sebagai Lembaga Pembiayaan Formal Bagi Usaha Mikro dan Kecil di Hotel Allium Jodoh, kota Batam, Kamis (26/7/2018).

Yuana mengatakan Kemenkop dan UKM bersama-sama dengan Bank Penyalur KUR serta Perusahaan Penjamin dan Pemerintah Daerah melakukan kegiatan sosialisasi di berbagai daerah sehingga informasi yang berkaitan dengan KUR ini bisa semakin meluas ke seluruh daerah.

Sosialisasi serupa di berbagai daerah. seperti yang sudah berjalan dan untuk di Batam memberikan bantuan kepada 16 usaha mikro yang ada di Batam. Bantuan hibah tersebut disalurkan melalui kegiatan Forum Konsultasi Penguatan Peran Koperasi Sebagai Lembaga Pembiayaan Formal bagi Usaha Mikro seluruh Indonesia.

Sebanyak 16 usaha mikro dari 36 usaha yang diusulkan ke Kemenkop UKM RI itu masing-masing menerima bantuan sebesar Rp10 hingga 13 juta melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro Kota Batam.

Menurut Deputi Bidang Pembiayaan Kemenkop UKM RI, Yuana Sutyowati, pemberian akses pembiayaan dan bantuan modal awal usaha ini merupakan bagian dari program prioritas di bidang pembiayaan dalam rangka pengembangan.

Kata Yuana, langkah ini menjadi suatu komitmen dan keseriusan pihaknya yang bersinergi dengan pemerintah daerah. Disamping itu juga berkat adanya dukungan dari Komisi VI DPR RI untuk mengembangkan serta memberdayakan usaha mikro guna mampu berkembang serta berdaya saing secara mandiri.

“Apalagi Batam ini daerah perbatasan dan kepulauan terluar yang merupakan wilayah prioritas untuk diperhatikan,” Bebernya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kota Batam, Suleman Nababan mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh Kemenkop dan UKM tersebut. Menurut dia forum ini sangat bermanfaat bagi pelaku UMKM guna memahami sistem yang telah dibuat Kemenkop dan UKM RI.

“Kegiatan ini sangat bagus jika kita ikuti dengan baik,” katanya.

Ia berharap melalui forum ini dapat meningkatkan koordinasi, sinkronisasi serta sinergitas dan implementasi program-program Deputi Bidang Pembiayaan. “Terutama yang berkaitan dengan penguatan koperasi simpan pinjam (KSP-USP),” ucapnya.

(Rega)

Editor : A.Z

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top
%d blogger menyukai ini: