HMSTimes - What Happened Today? Pertama di Kaltara Koperasi Untuk Berbudidaya, Hasil Alam Akan Lestari | HMSTIMES
You are here
Home > HMSFinance > Peluang Usaha > Pertama di Kaltara Koperasi Untuk Berbudidaya, Hasil Alam Akan Lestari

Pertama di Kaltara Koperasi Untuk Berbudidaya, Hasil Alam Akan Lestari

HMSTimes.com – Tarakan, Pelepasan bibit kepiting hasil pengembangan induk kepiting oleh Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau Jepara kerjasama dengan Koperasi Produsen Nelayan Kaltara. (Rabu/28/02). Kegiatan  diadakan ditambak milik Rais, anggota Koperasi Produsen Nelayan Kaltara. Acara yang bertujuan untuk merangkul petambak tarakan untuk ikut serta dalam upaya melestarikan Kepiting Bakau, dan sesuai dengan amanat Permen KP No 56 tahun 2016 Pasal 5.

Upaya ini dilakukan agar mengubah paradigma pelaku usaha kepiting yang selama ini hanya bisa mengambil tanpa membudidayakan hasil alam. Mangatur Nainggolan, SE, SH, MM mengatakan “Hari ini kami Koperasi Produsen Nelayan Kaltara akan restocking bibit kepiting, hasil pengembangan induk kepiting dari Tarakan sebanyak 350.000 bibit, dibalik ini semua adapun Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau Jepara sudah mengirimkan 18 Box yang berisi 350.000 bibit, kami bertujuan untuk membuktikan bahwa Permen KP No 56 tahun 2016 Pasal 5 tidak susah untuk dijalankan khususnya di kota Tarakan selama ini. Kami mewakili Kaltara untuk menjadi Koperasi Pembudidaya Kepiting Bakau”, ucapnya sambil menebar bibit, Rabu (28//2).

Menjalankan Permen KP, Koperasi Produsen Nelayan Kaltara mendapatkan simpati dari petambak, sudah saatnya para petambak beralih untuk peduli terhadap kelestarian alam, Sahir (Red:Nama samaran) mengatakan “selama ini kami dikejar kejar oleh oknum penegak hukum karena memang kami (Red: Pelaku Usaha Kepiting) mengeksploitasi hasil alam, nah sekarang ini kami ingin membudidayakan dan benih kepiting yang didapatkan bukanlah dari hasil eksploitasi alam tetapi dari hasil pengembangan induk oleh Balai Budidaya”, dengan tegas ungkapnya.

Hingga saat ini Koperasi Produsen Nelayan Kaltara memfokuskan untuk merangkul petambak , agar tidak menjadi “ATM Berjalan” bagi oknum penegak Hukum serta mengajarkan petambak untuk memenuhi amanat Permen KP No. 56 tahun 2016 pasal 5 Sebagai organisasi Pembudidaya yang pertama di Kalimantan Utara.

Hes HMS

Editor A.Zagoto

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top
%d blogger menyukai ini: